Mempercepat Proses Mutasi Ikan Louhan GB ( Golden Base )

Mempercepat Proses Mutasi Ikan Louhan GB ( Golden Base )

Mempercepat Proses Mutasi Ikan Louhan GB ( Golden Base )

Proses mutasi atau orang barat bilangnya fader adalah proses perubahan warna pada ikan louhan. Jenis Ikan Louhan GB (Golden Base) atau kata “orang sono” faders flowerhorn (louhan yang memudar) karena pada jenis ikan louhan GB pada suatu waktu dia akan kehilangan seluruh warnanya dan hanya berwarna hitam gelap. Kemudian warna hitam itu memudar dan memucat sebelum akhirnya louhan berubah menjadi kuning atau merah. Terkadang orang menyebutnya sebagai “mutasi”.

Mempercepat Proses Mutasi Ikan Louhan GB ( Golden Base )

Selain ikan louhan GB beberapa jenis ikan hibrid juga yang mengalami proses ini di antaranya ialah ikan Louhan Red Monkey, Red Synspilum, Red Texas dan Parrot

Semua Jenis ikan louhan yang mengalami mutasi akan disebut louhan GB baik itu jenis louhan cencu, louhan kamfa atau yang lainnya. Jika jenis ikan louhan kamfa yang bermutasi/fader nantinya kita sebut louhan GB kamfa demikian seterusnya.

Jadi ikan louhan jenis cencu akan jadi GB Cencu. Tapi jarang orang bilang GB Cencu biasanya hanya disebut louhan GB saja.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan mutasi itu ? Mutasi pada ikan dikenal terjadi pada jenis cichlid dari benua Amerika yaitu pada Red Devil Cichlid (Amphilophus labiatus) dan Midas Cichlid (Amphilophus citrinelus). Di alam liar beberapa atau sebagian dari ikan dari kedua jenis tersebut mengalami pergantian warna menjadi kuning, oranye, oranye kemerahan dan putih.

Jadi apa yang sebenarnya terjadi pada ikan Red Devil atau Midas tersebut?

Secara ilmiah perubahan warna itu dinamakan Amelanism. Amelanism adalah kelainan pigmentasi ditandai dengan kurangnya pigmen yang disebut melanins (pigmen hitam) dan dapat mempengaruhi reptil, ikan, amfibi, dll Munculnya ikan amelanistic (seperti fader/mutasi) sepenuhnya tergantung pada pigmen non-melanin yang tersisa. Jadi dengan kata lain ikan-ikan tersebut mengalami perubahan pada pigmen warna mereka

Lalu pertanyaan berikutnya kenapa ikan louhan ikut ikutan mutasi seperti ikan Red Devil atau Midas Ciclid ? Latah ? tentu saja tidak. 🙂

Jawabannya adalah pada genetika bawaan ikan louhan itu sendiri. Karena louhan ini hasil kawin silang atau istilah kerennya crossbreed antar spesies cichlid dari benua Amerika alias American Cichlid, maka gen yang diturunkan juga memiliki sifat seperti indukannya. Jadi kalau ada ikan louhan mengalami mutasi kemungkinan besar bapak, ibu atau kakek atau bahkan buyutnya adalah ikan Red Devil atau Midas Cichlid

Pertanyaan selanjutnya apakah anda tahu apa itu Red Devil Cichlid atau Midas Cichlid ? saya yakin kebanyakan sudah tahu…. mungkin. Kalau belum tahu seperti apa penampakan moyangnya ikan louhan ini bisa dilihat di sini -> Ini lho ikan Midas Ciclid. Ikan Red Devil termasuk ikan yang super galak alias agresif sama juga seperti ikan louhan.

Dari penelitian awal yang dilakukan oleh George W. Barlow yang melakukan studi pada ikan Midas di Nicaragua, ditemukan bahwa morph(mutasi) yang sempurna paling banyak ialah pada sungai Masaya yang dalam dan berair sangat keruh. Sementara di Sungai Apoyo yang berair sangat jernih tidak ditemukan ikan dengan morph sempurna dan masih menyisakan marking dan bercak hitam.

Ikan louhan yang masih berukuran kecil dan bermutasi kemungkinan besar akan lebih cepat proses mutasinya. Di alam liar, menurut peneliti George Barlow dan yang beberapa peneliti lainnya, mutasi hanya terjadi pada 10% ikan red devil dari seluruh populasi.

Lama proses “mutasi” louhan GB hingga menjadi “bersih” tidak dapat ditentukan kadang hanya sebentar dalam hitungan hari tetapi kadang berlangsung hingga beberapa bulan. Dalam proses mutasi itu mutiara louhan menjadi taruhannya, ada yang rontok mutiaranya tetapi ada juga yang bertahan. Mutasi bersih dan bertahan mutiaranya (apalagi penuh sebadan) itulah harapan semua pemilik jenis louhan GB.

Pada saat mutasi berlangsung, ikan akan berubah menjadi hitam untuk kemudian berubah menjadi pucat dahulu beberapa waktu sebelum nanti akan berubah menjadi warna kuning, putih, oranye atau merah.

Dalam beberapa kasus di mana ikan tidak sepenuhnya memudar atau bersih mutasi, dan menyisakan beberapa pigmen hitam yang tersisa, atau dikenal sebagai hypomelanism.

Ada beberapa tips untuk membantu proses mutasi agar mutasi berjalan dengan baik, berdasarkan pengalaman pribadi dan mengutip beberapa pakar perlouhanan.

1. PH – sebagian menyarankan untuk menaikkan PH. Tapi sebagian lagi menyarankan untuk menurunkan ph dengan sedikit Ketapang kering. Monggo dicoba mana yang cocok.

2. Kalau bisa pada saat mutasi air jangan diganti, tapi kualitas air juga harus tetap dijaga. Dengan sering mengganti kapas filter dan mineral khusus untuk menjaga kualitas air.

3. Gunakan pakan alami dan hindari pakan dengan kandungan caropil dan spirulina saat mutasi berlangsung. Berdasar pengalaman pribadi pemberian sprulina akan membuat warna hitam yang sudah bersih akan kembali muncul bercak hitam pada ikan jadi pekat dan memperlambat proses mutasi. Tetapi di sisi lain pemberian sprulina akan membuat mutiara ikan calon GB menjadi semakin baik . Silahkan bereksperimen mana yang lebih cocok untuk ikan. Penulis sendiri tetap memberikan pakan dengan sprulina walaupun dengan risiko mutasi akan menjadi lebih lambat

4. Jangan pindahkan ikan ke tempat lain atau membuat ikan kaget dengan perubahan drastis pada akuarium.

5. Kurangi pemakaian lampu

6. Air yang hangat 28-30 derajat celcius juga patut dicoba. Dari pengalaman pribadi, ikan yang sedang mutasi saat dinaikkan suhu proses mutasinya tiba-tiba berjalan dengan lebih cepat. Tapi harus diingat dengan menaikkan suhu, oksigen semakin tipis, sehingga apabila ikan kelihatan mulai mangap2 ke atas perlu diberi aerasi atau tambahan suplai oksigen

7. Sabar dan berdoa

Kalau masih belum berhasil ada beberapa kemungkinan. Bisa dari gen indukan yang kurang ataupun anda belum beruntung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *