MENGENAL BAHAN FIBERGLASS

MENGENAL BAHAN FIBERGLASS  – Penggunaan akan material bahan berupa fiber glass sudah sering kita dengar, dan fiber seakan sudah menjadi barang yang tidak asing di gunakan di masyarakat. Lantas Bagaimana dan apa saja material fiber itu terbentuk.

Fiberglass saat ini sudah banyak di gunakan oleh masyarakat indonesia, di sektor perikanan fiber di gunakan sebagai bahan material dalam pembuatan berbagai produk yang bisa membantu di sektor perikanan.

Baca Juga ;

  • Perbandingan Kapal berbahan Fiberglass dengan Alumunium
  • Cara Membuat Sampan Dari Bahan FiberGlass
  • Perahu Fiberglass 3 GT Bantuan KKP

Selain adanya kapal berbahan fiberglass, bahan fiberglass juga di gunakan untuk alat bantu penangkapan ikan dan alat dalam penangan hasil penangkapan ikan.

Sebelum Kita Mengenal akan bahan bahan dalam pembuata  serat fiberglass maka terlebih dahulu kita Mengetahui apa sih serat fiber glass itu?

MENGENAL BAHAN FIBERGLASS

kapal fiber

Mengenal Fiberglass

Fiberglass adalah serat kaca yang telah di kenal orang sejak lama bahkan peralatan-peralatan yang terbuat dari kaca mulai dibuat sejak abad ke 18.

Fiberglass dikembangkan melalui proses filament berkelanjutan sehingga mempunyai sifat-sifat yang memenuhi syarat untuk bahan industri, seperti kekuatannya tinggi, elastis dan tahan terhadap temperatur tinggi.

Pada dasar fiberglass sendiri diambil dari bahasa Inggris yang artinya serat kaca, sebuah serta kaca yang di tarik menjadi sebuah serat kaca yang berukuran sangat tipis dan juga mudah sekali putus, nah loh kata orang fiberglass itu kuat? eits belum selesai yaa.

Fiberglass ini adalah satu kesatuan yang mana membutuhkan banyak sekali bahan – bahan pelengkap untuk membuat fiberglass ini.

Sering kali kita dengar jika fiberglass ini sering di gunakan untuk kebutuhan seperti untuk membuat cinderamata, kerajinan tangan hingga bahan – bahan perlengkapan industri.

Fiberglass ini menggunakan material kimia untuk menggunakannya, sehingga anda harus memahami terlebih dahulu sifat – sifatnya agar selanjutnya tidak salah persepsi. Betul?

Perlu anda ketahui, jika fiberglass ini memiliki sifat yang cukup kuat ketika semua bahan – bahan yang di campurkan telah mengeras. Maka untuk membentuk sebuah fiberglass anda membutuhkan matress yang sesuai untuk membuat bentuk yang di inginkan.

Pembuatan fiberglass sendiri di butuhkan pengalaman untuk membentuknya, bila anda yang sangat pemula sekali di sarankan untuk di bimbing dalam membuat dan menggunakan fiberglass ini.

Sebab, saat pertama kali saya mencoba untuk membentuk pola menggunakan fiberglass ini saya rasa, mencobanya cukup menyulitkan.

Sebab, bahan tersebut berbentuk cairan yang di tuangkan kedalam matres yang harusnya benar – benar bersih dari kotoran agar tidak menempel.

Selain itu, tumpahan fiberglass yang cukup belepotan ini membuat tangan anda lengket sekali dan sulit untuk di bersihkan, untuk mengakalinya anda harus menuangkan thinner pada lap secukupnya kemudian usapkan lap yang sudah di beri thinner tadi pada kulit yang terkena tumpahan cairan fiberglass.

Selain lengket, penggunaan fiberglass yang terkena kulit akan membuat anda merasa gatal – gatal yang tidak dapat di hindari serta rasa panas. Semacam di gigit ulet bulu, tetapi lebih panas dan rasa gatal yang luar biasa.

Baca Juga ;

Jenis Kerusakan Pada Kapal Fiberglass

Makalah Pelapisan Fin Stabilizer Perbaikan Kapal Berbahan Fiberglass

Bahan Bahan Fiber Glass

Bahan – Bahan dalam pembuatan serat fiberglass terdiri dari beberapa macam, apa saja bahan tersebut? coba kita ketahui

1. Aerosil

Bahan fiber ini berbentuk sangat halus jika dilihat kasat mata bentuk nya seperti butiran halus cristal dan sangat ringan. saat anda menggunakan bahan ini gunakan masker hidung agar tidak terhirup karena benar – benar sangat halus dan tidak seberat dari yang di bayangkan.

Ini adalah kekuatan yang mendasar dalam membuat barang dari serat fiber, penggunaan bahan aerosil ini sangat kuat sehingga seringkali di jadikan sebuah pondasi di banding dengan talk fiber.

Harganya pun biasanya 10 kali lebih mahal dari talk biasa yang di tawarkan oleh penjual di toko kimia.

2.Resin

Bahan Fiber yang selanutnya adalah Resin dimana Resin adalah merupakan salah satu bahan material yang tak boleh di pisahkan dalam membentuk sebuah fiberglass, sebab inilah campuran utama dari dasar pembuatan fiberglass.

Pada Umumnya Resin Mempunyai Ciri ciri Sebagai Berikut ;

  • memiliki bentuk atau wujud berupa cairan kental seperti lem pada umumnya,
  • Resin memiliki atau terdapat pula beberapa jenis yang di kategorikan dan
  • harga yang di tawarkan untuk bahan – bahan pembuat fiberglass.
  • Beberapa jenis tersebut di kategorikan dengan nama yaitu Resin butek/burem dan Resin bening.

Kedua jenis resin tersebut di bedakan dengan warna yang akan di hasilkan dalam pembuata serat fiber.

jika memilih mengggunakan resin butek/burem di dominasi dengan warna yang tercampur dan terlihat kurang bening untuk membuat karya seni, sehingga resin ini biasanya di gunakan perajin fiber sebagai dasar awal yang di campur dengan Aerosil maupun Talk. dan harga nya pun lebih murah dari Resin Bening.

Sedangkan untuk penggunaan  sangat di rekmedasika untuk pembuatan barang barang yang membutuhkan keindahan dan mudah di buat. Sehingga resin cocok di gunakan untuk kebutuhan membuat kerajinan seperti cindera mata, gantungan kunci dsb.

Dalam Resin Bening ini memiliki struktur warna lebih terang atau bening dan tidak terdapat gelembung udara,

Dari harga pun antara resin bening dan butek berbeda dimaa Harga yang di tawarka dari resin bening biasanya 2x lipat harganya dari resin butek/burem.

Fungsi dari penggunaan resin sendiri adalah pengencer, Dimaa Resin akan mengecerka bedak talk atau aerosil, yang selanjutnya di campurkan didalam wadah yang disiapkan lalu di aduk dengan rata.

3. Katalis

Katalis Merupakan Bahan Fiber glass yang selanjutnya, dimana manfaat dari bahan katalis pada fiber adalah untuk mengeraskan dari material fiber lainnya seperti met, resin dan talk. Dan Katalis merupakan bahan yang sangat penting.

Lantas Bahan Apa saja yang Membentuk Katalis, Katalis merupakan Cairan Kimia yang manfaatnya untuk mengeraskan resin. Baik Itu Untuk resin yang belum terampur atau resin yang sudah tercampur dengan talk atau erosil.

untuk takaran atau porsinya  dimana cukup gunakan katalis sedikit saja tergantung resin yang anda gunakan. perbandingan penggunaannya adalah 1 katalis berbanding 30 resin.

3. Pigmen Warna

Bahan Selanjut dalam Pembuatan Fiberglass adalah Pigmen dimana Pigment adalah merupakan zat pewarna untuk bahan fiberglass yang berupa bibit pewarna agar fiberglass yang anda buat akan lebih menarik dilihat.

Figmen bukan bahan material pokok dalam pembuatan fiber glass, karena manfaat nya yang hanya untuk memberi warna pada produk fiber kita

Tergantung pada anda yang akan menggunakan fiberglass ini untuk kebutuhan anda? warna nya bervariasi disesuaikan dengan selera anda.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan pigment setelah anda mencampurkan Resin dan Talk/Aerosil, setelah di aduk sampai rata masukan pigment sekitar 5% saja dari yang anda buat. atau kurang lebih perbandingannya 20:1 dari campuran yang anda buat.

4. Mat

Mat merupakan bagian penting dalam fiberglass, mat sendiri memiliki bentuk yang cukup mirip dengan kain dan terdiri dari beberapa model mulai dari yang halus sampai dengan yang kasar.

fungsinya sebagai pelapis campuran fiberglass, sebagai pengikat nya agar fiberglas tidak mudah retak dan pecah.

Bahan Mat ini hanya berlaku untuk pembuatan fiberglass yang berbentuk kasar atau besar, jika untuk sebuah kerajinan sepertinya tidak terlalu penting mengingat ukuran kerajinan sendiri berukuran lebih kecil.

5. Talk

Talk atau yang di kenal juga dengan powder adalah unsur penting dalam pembuatan fiber glass karena fungsi dari penggunaan talk adalah untuk menjadi lapisan dasar.

Fungsi Talk sama dengan fungsi dari aerosil. Dimana Penggunaan Aerosil bisa di ganti dengan Talk. Jadi Talk merupakan langka alternatif karena penggunaan bahan aerosil yang terbilang mahal.

bentuknya talk mirip dengan bedak bayi. berfungsi sebagai campuran resin agar semakin kuat saat fiberglass telah jadi.

6.Aseton

Aseton adalah salah satu bahan yang tidak wajib dalam pembuatam serat fiber karena bahan tersebut adalah merupakan sebuah cairan pengencer Resin

Dimana apabila pengggunaan akan bahan resin yang telah terlalu lama di simpan maka akan mengeras, Resin yang tersimpan dalam jerigen kecil dan lupa untuk menutup nya kembali maka Resin ini cepat sekali membeku,

ini berbentuk cairan berwarna bening, fungsinya adalah mencairkan resin yang telah keras atau terlalu kental sehingga pembentukan fiberglass menjadi sulit dan lama jangka pengeringannya.

7. Dempul

Dempul adalah merupakan bahan yang di gunakan untuk membentuk fiberglass yang telah mengeras dan mengeras.

setelah cetakan fiberglass jadi maka dilakukan pengamplasan dan di haluskan oleh dempul.

Untuk hasil yang lebih baik sebaiknya anda gunakan polyester tahap akhir yang sering di kenal dengan dempul/putty.

Baca Juga ;

  • Pembuatan Cool Box Fiber
  • Jenis Bahan pembuat Kapal
  • Cara Pembuatan Sampan Fiber
  • Perbaikan Kapal Berbahan fiberglass
  • Serat Buatan Pembuat alat tangkap Ikan
  • Cara Mengecat perahu Fiber
  • Keunggulan Kapal Fiberglass
  • Material Kapal perikanan
  • Bahan Baku Fiber Glass
  • Bahan Baku Fiber Glass
  • Material Kapal Perikanan
  • Kriteria Galangan Kapal Fiberglass

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *