Mengenal Kebiasaan Makan Ikan

Salah satu faktor yang menentukan dalam keberhasilan memancing yaitu Mengenal Kebiasaan Makan Ikan  atau juga di sebut FOOD HABITS dan cara makan ikan ( FEEDING HABITS ).  Dalam praktek sehari-hari kedua faktor tersebut selalu diabaikan oleh sebagian pemancing, sehingga menimbulkan sering mengeluh umpan tidak disentuh ikan yang menjadi target. Hal tersebut disebabkan umpan yang kurang pas atau acara memancing dilakukan ketika waktu yang kurang sempurna (dilakukan ketika ikan sedang tidak ingin makan). Karena itu sulit dibayangkan kalau pemancing sukses tanpa memahami food habits dan feeding habits.

Banyak pemancing baik sengaja atau tidak sengaja mengabaikan food habis dan feeding habits. Sepintas hal tersebut tampak sepele, padahal dengan mengenal aspek-aspek tersebut di atas dapat menentukan ketika yang paling baik memancing ikan jenis tertentu, lokasi yang sempurna dan menetukan umpan yang sempurna pula.

 Salah satu faktor yang menentukan dalam keberhasilan memancing yaitu Mengenal Kebiasaan Makan Ikan

Secara umum, kebiasaan makan ikan dapat dibagi beberapa hal sebagai berikut:

1. Kebiasaan makan ikan berdasarkan tempat

-Ikan dasar perairan yakni ikan yang mencari makanan di dasar perairan. Biasanya ikan jenis ini banyak melaksanakan aktifitas di dasar perairan, contohnya lele dumbo dan patin

– Ikan lapis tengah perairan yakni ikan yang mencari makan mengapung di tengah perairan. Ikan jenis ini hanya sekalikali muncul kepermukaan air atau berenang kedasar air, contohnya ikan mas dan bawal

– Ikan permukaan air yakni ikan yang mencari makan di permukaan perairan. Umumnya ikan jenis ini banyak menghabiskan waktunya di lapisan atas perairan. Cotohnya gurami nila dan mujair.

– ikan menempel  yakni ikan pemakan materi organik yang menempel pada benda yang ada di dalam air, baik benda yang ada dilapisan atas, tengah atau bawah perairan. Contohnya ikan sapu-sapu.

2. Kebisaan makan ikan berdasarkan waktu

– Jenis ikan yang aktif mencari makan pada siang hari maka aktifitas makannya banyak dilakukan pada siang hari, sedanngkan pada malam hari ikan jenis ini kebanyakan istirahat. Contohnya ikan mas, nila bawal dan gurami

– Jenis ikan yang aktif mencari makan pada malam hari. Jenis ikan ini jarang mencari makan pada siang hari. Atifitas makan banyak dilakukan pada malam hari. Contohnya ikan lele dumbo dan patin.

Sekian ulasan singkat wacana Mengenal Kebiasaan Makan Ikan ini agar bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel yang lalu mengenai Memancing Antara Hobi Atau Bisnis , hingga jumpa lagi dengan ( KFC ) di artikel selanjutnya salam.

Artikel Ini Di Tulis Oleh Sahabat ( KFC ) :Amato

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *