NAVIGASI GPS UNTUK KAPAL PERIKANAN

Selama ini nelayan kita buat menentukan daerah penangkapan ikan masih menggunakan cara cara traditional. Mereka hanya mengandalkan naluri & navigasi alam yg dari pada posisi bintang dan lamanya jarak tempuh.

Padahal pada era teknologi Semarang , nelayan bisa terbantukan menggunakan menggunakan GPS ( Global Position System ). GPS termasuk juga pada Alat Bantu Penangkapan Ikan.

GPS ini dapat membantu menentukan posisi lintang dan bujur diatas permukaan bumi secara tepat.  Dalam perikanan tangkap dapat digunakan untuk mencari posisi pemasangan alat tangkap, menandai posisi dasar perairan yang merusak alat penangkap ikan tertentu, memonitor pergerakan alat penangkap ikan yang dihanyutkan, menandai daerah penangkapan ikan yang berpotensi untuk penangkapan hari berikutnya.

GPS adalah galat satu alat navigasi yg memakai system citra satelit. GPS dapat memberikan ketepatan ketika & tempat secara lebih jelasnya dan jelas.

Dalam pengelolaan sumberdaya perikanan dimanfaatkan buat pengawasan kapal ikan, migrasi ikan, pemetaan potensi SDI, dll-nya. Tetapi dalam pelayaran fungsi menurut GPS pada biasanya memiliki Fungsi sebagai Berikut :

Navigasi GPS Untuk Kapal Perikanan

NAVIGASI GPS UNTUK KAPAL PERIKANAN

NELAYAN GUNAKAN GPS

1. Posisi koordinat kapal.

Kapal perikanan walaupun homogen homogen masih kecil tetapi pemanfaatan GPS terdapat yg sebagian telah menggunakannya. Dan penggunaannya kadang pada gunakan dalam memilih posisi lintang

2. Haluan Kapal.

Haluan kapal sangat mutlak untuk di lakukan oleh kapal perikanan. Karena sifat dari kapal perikanan yang mencari daerah penangkapan ikan atau fishing ground maka haluan bisa di gunakan untuk menghemat waktu dan bahan bakar kapal perikanan.

3. Kecepatan ( Speed ).

Selain Haluan, penggunaan GPS juga untuk mengetahui kecepatan kapal. Kapal perikanan yang senantiasa mengejar gerombolan ikan dan fishing ground maka kecepatan menjadi hal Yang perlu agar buruan atau tangkapan ikan tidak bubar atau melarikan diri sebelum akan di tangkap.

4. Waktu ( time )

Waktu juga sangat penting mengingat penggunaan bahan bakar harus selalu di kontrol dan di catat agar kejadian kehabisan bahan bakar di tengah laut tidaklah terjadi.

Begitu pentingnya GPS maka perlu di adakan sosialisasi dan pengenalan penggunaan GPS lebih mendalam agar nelayan Indonesia bisa lebih sedikit maju.

Navigasi GPS Untuk Kapal Perikanan

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *