Neon Tetra (Paracheirodon innesi)

Ikan Neon atau Neon Tetra ini merupakan galat satu ikan hias yang paling terkenal pada kalangan pecinta ikan hias. Ikan ini termasuk jenis ikan tetra dari family characidae. Jenis ikan Tetra Banyak hal yang mengakibatkan Neon Tetra poly disukai. Warnanya yg berkilau seperti neon yg gemerlap terdiri menurut kombinasi warna biru menggunakan ekor berwarna cerah membentuk kita merasa tenang

Ikan ini suka berkelompok karenanya jangan hanya membeli satu saja. Minimalnya anda membeli 5-10 ekor. Apabila dalam jumlah banyak mereka akan berkeliling akuarium anda secara bergerombol dan menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Ikan yang mempunyai sifat damai ini bisa disatukan dengan ikan damai lain yang memiliki ukuran yang sama.

Ikan Neon Tetra ini termasuk ke dalam kelompok ikan tetra dari famili Characidae. Habitat asli ikan ini ialah dikawasan aliran sungai Amazon berair jernih di Amerika Selatan. Ikan neon tetra ini termasuk ikan omnivora (pemakan segala). Mereka bisa diberikan makanan berupa pelet, kutu air, cacing kering dan cacing beku.

Memiliki banyak tanaman air dengan batu dan kayu bakau di dalam akuarium sangat disarankan, karena ikan neon ini memerlukan tempat untuk bersembunyi. Sangat cocok untuk bagi anda yang menyukai akua. Pencahayaan dengan intensitas rendah atau jangan terlalu terang juga sangat disukai oleh ikan neon.

Ikan Neon Tetra tumbuh hingga ukuran 3-4 cm dan memiliki rentang hidup yang panjang. Mereka dapat hidup sampai 5-10 tahun dengan pemeliharaan yang baik.

Untuk memijahkan Neon Tetra, perlu dipisahkan sepasang ikan pada “akuarium pemijahan” selama dua minggu. Di mulai dengan tanpa pencahayaan pada awalnya dan secara bertahap pencahayaan ditingkatkan sampai pemijahan terjadi. Kesadahan air harus kurang dari 4 dH dan pemberian makanan hidup jentik nyamuk akan membantu banyak dalam proses ini. Pastikan untuk mengangkat indukan setelah telur telah diletakkan, karena induk akan memakan telur tersebut. Telur akan menetas dalam waktu 24-30 jam. Masalah terbesarnya karena anakannya sangat kecil, mereka harus memakan protozoae, mikroorganisme yang dapat dibudidayakan dengan air hijau. Setelah 10 sampai 14 hari, goreng cepat tumbuh dalam ukuran dan dapat menerima makanan yang lebih besar, seperti yang daphia /kutu air dan pelet yang dibubukan/pelet untuk anak ikan

Varian lain dari Neon Tetra (Paracheirodon innesi)

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *