Pelet yang bagus untuk ikan louhan

Memilih pelet yang bagus untuk ikan louhan kesayangan kita kadang membuat kita bingung. Banyak produk pelet dengan berbagai merk menawarkan keunggulannya masing-masing. Ada pelet untuk meningkatkan jenong, menambahkan warna, membentuk bodi ikan louhan dan banyak lagi. Harganya pun bervariasi dari yang murah hingga yang lumayan menguras kantong.

Pertanyaannya adalah pelet mana yang cocok untuk ikan louhan kita, karena ikan louhan ini memiliki berbagai jenis dan karakter. Untuk melihat jenis ikan louhan dapat dilihat disini Artikel Jenis Ikan Louhan. Ambil contoh saja ikan louhan SRD sesuai namanya Super Red Dragon memiliki karakter warna merah yang kuat dan jenong yang besar (boomhead), sehingga pelet yang mengandung sprulina dan mengandung protein tinggi bisa digunakan, ikan louhan dewasa memerlukan protein sekitar 35% crude protein dan komposisi crude fat di kisaran 10% sedangkan untuk anakan louhan membutuhkan crude protein dan crude fat yang lebih besar.

Yang perlu dipertimbangkan lagi sebelum kita membeli pelet ialah gen ikan atau keturunan ikan. Ikan yang kedua induknya tidak jenong walaupun kita jor dengan berbagai macam pelet pun kemungkinan besar akan sulit sekali. Demikian pula dengan warna, ikan yang genetika indukannya tidak merah maka akan sangat sulit untuk membuatnya menjadi merah. Jadi pada kesimpulannya pelet ini bukan sulap yang mampu mengubah ikan jadi jenong atau merah. Pelet ini hanya sebagai makanan penunjang saja untuk memaksimalkan bakat ikan

Untuk ikan anakan tentu pelet dengan protein yang tinggi sangat dianjurkan (hingga usia 3 bulan) tetapi ketika ikan telah besar/dewasa gunakan pelet yang berbeda dengan kandungan protein yang tidak terlalu tinggi. Dengan kandungan lemak pada pelet yang mengandung komposisi crude fat di kisaran 10 persen atau kurang.

Hasil penelitian dari Dr. Ruth-Francis Floyd yaitu seorang professor di Universitas FL spesialis dibidang kesehatan dan nutrisi ikan menyatakan bahwa “Diet kaya lemak dapat cocok untuk produksi komersial cichlids Afrika hingga usia 12 minggu, namun pemberian makan yang berkepanjangan dapat menyebabkan deposisi lipid dan nekrosis hati berlebih. Makanan seperti diet FF, yang menghasilkan pertumbuhan lebih lambat namun deposisi lipid lebih rendah di hati, mungkin lebih sesuai sebagai diet perawatan untuk cichlids di akuarium.” “Infiltrasi lemak hati juga telah ditunjuk sebagai” gangguan metabolik yang paling umum dan penyebab kematian paling sering pada ikan akuarium “

Artinya disini bahwa ikan cichlid (Ikan louhan adalah juga ikan cichlid walaupun hibrid) bahwa ikan louhan dapat di jor makanan kaya lemak hingga usia tertentu. Setelah itu sebaiknya makanan kaya lemak dalam hal ini pelet kaya lemak harus dikurangi karena akan menyebabkan penurunan fungsi hati. Mungkin pertumbuhan ikan kita akan menjadi lebih lama, tetapi ikan kita akan lebih sehat. Kaya lemak disini adalah kandungan crude fat pada komposisi crude fat. Pelet dengan komposisi lemak / crude fat di sekitaran 10 persen cocok untuk makanan harian untuk ikan cichlid /louhan dewasa. Sedangkan untuk makanan kaya lemak/pelet kaya lemak diberikan sekali-kali saja.

Jadi kandungan apa saja yang diperlukan ikan louhan dari pelet agar selain ikan kita cantik juga sehat. Tentu selain mempertimbangkan faktor diatas juga pelet yang baik harus mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ikan louhan. Kandungan kalsium dapat membantu pembentukan tulang ikan. Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan ikan louhan terhadap penyakit dan lain sebagainya.

Spirulina bagus untuk ikan karena spriluna ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dari tanaman. Hal ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan ikan louhan untuk melawan penyakit dan bakteri sebelum mereka mulai muncul pada ikan kita. Jumlah ikan terserang penyakit lebih sedikit jumlahnya pada ikan yang diberi makan spirulina, yang berarti ikan bisa bisa hidup lebih lama dan lebih sehat. Spirulina membantu menjaga warna ikan louhan kita tetap cerah juga membantu perkembangan mutiara pada ikan louhan.

Sprulina juga mengandung protein yang sangat tinggi sehingga Kandungan protein dan lemak yang tinggi dalam spirulina membuat ganggang renik itu menjadi salah satu campuran pakan. Menurut penelitian Profesor Kabinawa seorang peneliti dari LIPI, spirulina mengandung protein 65-70%. Itu lebih tinggi daripada telur yang hanya 12%. Nilai itu juga melampaui protein asal daging dan ikan, 15-25%. Senyawa lain yang dimiliki spirulina adalah 15-25% karbohidrat, 7-13% mineral, 8-10% serat, dan 3% air. Semua senyawa itu cukup sebagai sumber energi di tubuh.

Spirulina dengan kandungan B12-nya yang cukup tinggi mujarab meningkatkan kekebalan tubuh ikan dari gangguan penyakit. Pemakaian pada bibit dapat menekan tingkat kematian hingga 14%. Keistimewaan lain, mempercepat pertumbuhan sampai 19%. Bahkan bila 2,5% spirulina dicampurkan pada pakan, sirip ikan tumbuh 25% lebih cepat.

Selain itu sprirulina juga dikenal untuk membantu pencernaan, dan mudah dicerna oleh ikan louhan yang lebih tua atau lemah.

Untuk menimbulkan warna merah dan kuning pada louhan diperlukan karoten. Karoten ini merupakan komponen utama pembentuk pigmen merah dan kuning. Karena ikan Louhan tidak bisa memproduksi karoten melainkan hanya bisa menyimpannya makan diperlukan pakan yang mengandung karoten. Zat karoten ini dihasilkan oleh tumbuhan. Umumnya karoten dalam ikan berupa astaxanthin. Oleh karenanya pakan yang mengandung astaxantin akan membantu memerahkan ikan louhan, apabila memang louhan ada bakat merahnya.

Kandungan astaxanthin ini terdapat pada salmon, udang dan beberapa jenis alga merah. Pelet dengan kandungan bahan tersebut akan sangat baik untuk menimbulkan warna merah pada ikan.

Waspada pada pelet yang mengandung hormon karena ada pelet menggunakan bahan dari hormon reproduksi.Yang banyak digunakan adalah testosteron dari jenis androgen. Penggunaan hormon ini memang sangat cepat berefek kepada ikan. Seperti pertumbuhan yang cepat,warna keluar maksimal. Bahkan ikan Louhan berukuran kecil jika diberi pelet mengandung hormon akan menampakan penampilan yg sangat luar biasa. Warna keluar seperti pada ikan dewasa , jenong tumbuh maksimal. Namun sayang penggunaan hormon ini sangat berbahaya bagi ikan karena dapat merusak fungsi organ ikan louhan.Ikan bukan cuma sakit tapi juga bisa mati. Selain itu penggunaan akan menyebabkan ikan mandul.

Banyak pelet louhan dipasaran dengan berbagai merk dengan menawarkan keunggulan masing-masing.Dan kebanyakan harganya tidak murah. Untuk harga pelet ukuran 100 gram harganya bisa mencapai ratusan ribu. Dari pengalaman penulis selama memelihara louhan, faktor genetika dari louhan lebih menentukan apakah louhan bisa jenong, merah atau mutiaranya bagus. Walaupun memang ada perbedaannya bila menggunakan pelet mahal tapi tidak begitu signifikan apabila ikan louhan yang kita miliki gennya kurang baik.

Pada kesimpulan akhirnya ialah memilih pelet yang bagus untuk ikan louhan ini adalah pemilihan pelet yang sesuai dengan kebutuhan ikan louhan. Juga tidak lupa selain untuk mempercantik ikan louhan kita juga pilihan pelet yang tepat akan membuat ikan louhan akan sehat.

Referensi https://www.monsterfishkeepers.com/forums/threads/really-good-food-for-you-flowerhorns.404422/

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *