Perencanaan Pembanguna Kapal Perikanan


PERENCANAAN PEMBANGUNAN KAPAL PERIKANAN

Faktor Penentu dalam Perencanaan Pembangunan Kapal Perikanan – Perencanaan membangun kapal penangkap ikan merupakan awal dari sejumlah tahapan pembangunan kapal penangkap ikan.

Perencanaan ini terdiri dari sejumlah pekerjaan yang harus dikerjakan oleh pemilik kapal yang menghasilkan kriteria yang digunakan oleh desainer kapal dalam mendesain kapal yang akan dibangun.


Perencanaan Pembanguna  Kapal Perikanan - PERENCANAAN PEMBANGUNAN KAPAL PERIKANAN

Jenis, lokasi, kelimpahan dan sebaran sumberdaya ikan menurut Ardidja (2007). Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam perencanaan pembangunan kapal yang juga akan mempengaruhi desain kapal penangkap ikan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  1. Metode, teknik dan peralatan memancing
  2. Karakteristik geografis dan cuaca daerah penangkapan ikan
  3. Kelayakan kapal dan keselamatan awak
  4. Penanganan, pengolahan dan penyimpanan hasil tangkapan
  5. Kemampuan finansial
  6. Ketersediaan galangan kapal dan ahli perikanan
  7. Hukum dan peraturan (regional dan internasional) yang dapat diterapkan pada kapal penangkap ikan, konstruksi dan peralatannya
  8. Pemilihan dan ketersediaan bahan pembuatan kapal
  9. Kelangsungan ekonomi.

Pemilik kapal harus menentukan target dan tangkapan ikan apa seperti apa yang akan didaratkan. Informasi ini akan mempengaruhi kriteria teknik penangkapan, alat tangkap, alat tangkap, jumlah awak kapal, akomodasi, kecepatan kapal, ukuran palka, jenis palka, dan pengawetan ikan. diinginkan.


Informasi tempat penangkapan ikan mengenai kondisi air, jarak dari pangkalan penangkapan ikan. Informasi ini akan menentukan bentuk kapal, ukuran kapal, alat navigasi, alat komunikasi, alat keselamatan, alat deteksi ikan, kemampuan deteksi penangkap ikan, kemampuan jelajah kapal.

Itulah sedikit informasi bagaimana sebelum membuat perahu nelayan diperlukan sedikit perencanaan, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *