Perlengkapan Pada Kapal Perikanan

Kapal penangkap ikan dalam melakukan segala bentuk operasinya harus memenuhi persyaratan baik teknis maupun non teknis. Kedua perlengkapan kapal penangkap ikan tersebut berupa sekunder dan primer. Kegunaan peralatan kapal penangkap ikan, selain sebagai kapal laik operasi, juga harus laik layar.

Perlengkapan Kapal Perikanan - PERLENGKAPAN PADA KAPAL PERIKANAN

Perlengkapan kapal penangkap ikan primier adalah perlengkapan kapal penangkap ikan yang tidak dapat diganti dengan peralatan lain kecuali dalam keadaan mendesak dan peralatan tersebut harus tersedia di atas kapal penangkap ikan.

Perlengkapan perahu nelayan sekunder merupakan perlengkapan perahu nelayan yang tidak wajib dan dapat diganti dengan perlengkapan lainnya. Persyaratan kelengkapan kapal penangkap ikan juga harus mendapatkan surat keterangan dari petugas yang berwenang mengeluarkan fit or not feasible.

PERALATAN PADA KAPAL PERIKANAN

Persyaratan umum kapal penangkap ikan meliputi:

– Perlengkapan kapal penangkap ikan berupa persyaratan seperti bendera dan suar untuk rambu peringatan dan suar untuk bantuan.

– Perlengkapan kapal penangkap ikan berupa dokumen kapal seperti surat penerimaan operasional, surat izin berlayar, surat bebas tikus, dan dokumen daftar awak / awak kapal.

– Peralatan kapal penangkap ikan berupa peralatan navigasi seperti peralatan; GPS, Kompas, radar

– Perlengkapan kapal penangkap ikan berupa alat komunikasi berupa radio, email dan alat komunikasi lainnya

– perlengkapan kapal penangkap ikan berupa pengaman kerja seperti; Kotak P3K, alat pemadam kebakaran, perlengkapan kerja dan lain-lain.

Dengan demikian artikel tentang perlengkapan kapal penangkap ikan setidaknya dapat memberikan manfaat bagi nelayan untuk mengedepankan keselamatan dalam berlayar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *