Pingin Bisa Mancing Nyekrik Atau Setekan, Baca Ini

Cara mancing teknik cekrikan atau setekan, merupakan memancing menggunakan mata kail tanpa umpan, loh kok mampu? Terkadang pada suatu lokasi banyak terdapat ikan ngumpul, akan namun nggak mau makan, ini di karenakan banyak hal, keliru satunya demam gosip kawin, atau ikan sedang berebut umpan yang berada di air.

Teknik setekan atau cekrikan juga acapkali dalam gunakan mancing lele di kolam, banyak program hiburan rakyat menggunakan menabur ikan lele untuk dalam pancing pada selokan atau dalam kolam, ikan yang baru di tebar biasnya nggak mau makan umpan lantaran setres, memancing contoh nyekrik atau cekrikan sebagai solusi.

Ketika kita meletakan pancing cekrik di tempat ikan berkumpul, tak jarang ikan akan mendekati bahkan menyentuh tali senar atau mata kail, ketika ada tanda-tanda tersebut, ikan bisa di cekrik atau badan ikan  ke cantol mata kail dengan menghentakan joran dengan kuat.

Pingin Bisa Mancing Nyekrik Atau Setekan, Baca Ini

Mancing Nyekrik/Setekan

Cara mancing nyekrik, setekan dalam sungai

Nyetek atau setekan orang jawa bilang nyekrik atau cekrikan, teknik ini bisa di pakai di kolam dan sungai, tentunya ada syarat agar cara ini berhasil. Menggunakan rangkaian mata kail semi garong yang di rangkai seri, dan mengguanakan tali senar yang kuat, kenapa demikian? Teknik nyekrik harus menghentakan joran dengan kuat ketika ada tanda-tanda ikan nyangkut, senar yang tidak kuat bisa putus karenanya.

Di kolam

Mancing model setekan atau nyekrik banyak di pakai di kolam pemancingan, kenapa demikaian? Sebab areanya sempit dan tentunya jumlah ikan sudah tahu banyaknya, akan tetapi ada cara yang saya rasa cukup ampuh supaya mancing kita berhasil.

  1. Cermat mengamati tanda-tanda.  Merupakan hal yang sangat penting, terkadang tanda ikan mendekat sangat halus dan tanpa di sadari, sehingga adalah fokos kunci utama.
  2. Cara menghentakan joran pancing. Ini hal yang juga penting tapi sangat susah di jelaskan, maka pengalaman pemancing sebagai penentu, dan setiap angler mempunyai teknik berbeda-beda dalam menghetakan joran.
  3. Menentukan spot mancing. Factor ke tiga keberhasilan ya menetukan spot, spot yang bagus adalah sudut terdalam di kolam pemancingan.

Alat nyekrik atau setekan di kolam

Memakai joran pendek 1,5m lentur dan kuat dengan penggulung senar, memakai tali senar kuat no 0,2-0,25, dilengkapi dengan timah pemberat kecil dan pelampung, memakai mata kail no 6,0-12,0 tergantung besar kecilnya target ikan.

Pingin Bisa Mancing Nyekrik Atau Setekan, Baca Ini

Rangkaian Mata Kail Nyekrik/Setekan

Di sungai

Mancing dengan cara nyekrik atau setekan di sungai agak sedikit rumit, sebab areanya yang luas sehingga menentukan spot terkadang sangat sulit, ikan jenis lele lokal, wader, nila dan belanak adalah ikan yang paling gampang di cekrik, kenapa demikian? Karena jenis ikan tersebut gampang di kumpulkan dalam satu spot mancing.

Maka sebaiknya berikan umpan pengumpul atau bom ikan, untuk menarik ikan berada di satu titik, dengan memkai joran panjang di lengkapi penggulung senar atau spinning. Setelah ikan berkumpul taruh mata kail cekrik di spot ikan, menghentakan joran sebaiknya hati-hati sehingga ikan tidak takut. Semoga artikel dengan judul, Pingin Bisa Mancing Nyekrik Atau Setekan, Baca Ini. bermanfaat.

Nb

Baca: Mancing belanak dengan botol pastik

Mancing udang galah musim hujan

Tempe busuk umpan mancing

Jenis-jenis umpan nila

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *