Rahasiaku, Cara Mancing Cumi Di Pantai Yogyakarta

Cara memancing cumi – Tahun 2015 yang lalu adalah tahun dimana teknik mancing cumi “booming”  di jogja.  Banyak pemancing jogja dengan latar belakang rockfishing mulai menggeluti mancing di laut dengan target cumi karang. Walaupun sebenarnya beberapa pemancing jogja telah mengenal mancing cumi mulai tahun 2000-an awal.

Rahasiaku, Cara Mancing Cumi Di Pantai Yogyakarta

Andromax.NET

Bulan Musim Cumi-Cumi

Karena perairan laut selatan kab.  Gunungkidul sebagian besar adalah pantai berkarang,  tentunya potensi cumi karang sangat besar.  Terbukti dengan hasil positif mancing cumi hampir sepanjang tahun,  walaupun persentase cumi yang terpancing lebih besar saat musim penghujan.  Pada bulan november  hingga desember adalah waktu cumi karang berkembang biak.

Alat dan Cara Membuat Umpan Cumi

Berbeda dengan teknik landbase casting yang memiliki pilihan piranti berbagai macam jenis dan ukuran, keberhasilan mancing cumi karang sangat tergantung dengan piranti khusus mancing cumi.

Adapun piranti standar mancing cumi adalah :

1. Joran

Joran mancing cumi sebaiknya menggunakan joran dengan panjang 2,25m –  2,50m  4-10lb  atau 6-12lb.  Ukuran ini menjadi patokan dasar mancing cumi karang di jogja.  Walaupun ada beberapa pemancing menggunakan joran dengan spek 8-14lb.

2. Reel

Reel yang digunakan tipe spining ukuran 2500 –  3000 menyesuaikan ukuran kenur yang digunakan.  Beberapa pemancing senior menyarankan untuk memilih reel high gear (HG). Juga pemilihan jenis spool reel sebaiknya menggunakan tipe spool pendek.

3. Kenur

Kenur yang digunakan pemancing cumi sama seperti kenur yang digunakan untuk teknik casting yaitu kenur jenis PE dengan diameter 0, 06mm –  0,10mm.  Dikombinasikan dengan kenur mono sebagai leader,  dengan ukuran 0,23mm –  0,30mm.  Sebaiknya memilih leader kenur mono dengan lapisan flurocarbon.

4. Umpan

Umpan khusus mancing cumi adalah umpan tiruan berbentuk udang. Warna Umpan tiruan khusus cumi atau lebih familiar disebut squid jig /capela / egi,  sangat menentukan keberhasilan memancing cumi.  Karena cumi mempunyai penglihatan yang sangat baik.  Pemilihan warna egi tergantung kondisi air saat memancing.

2 jenis cumi yang biasa terpancing di pantai selatan jogja yaitu : cumi karang dan sotong ( cumi blekutak) .  Walaupun beberapa pemancing pernah mendapatkan cumi jarum yang biasanya hanya terdapat di perairan lepas pantai.

Umpan Terbaik Mancing Cumi-cumi

Waktu Terbaik Mancing Cumi- Cumi

Waktu terbaik untuk memancing cumi adalah saat laut berangsur surut dari periode pasang tinggi.

Cumi karang dapat ditemukan di perairan dengan kedalaman 2meter hingga kedalaman 15meter.  Cumi karang biasa berkeliaran dan mencari makan disekitar drop off karang dangkal.

Andromax.NET

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *