Red Rubin Peacock Aulonocara (Rubescens)

Ikan Rubin Red Peacok atau Aulonocara Rubescens ini merupakan African Cichlid yaitu ikan cichlid yang berasal dari Afrika berhabitat di Danau Malawi di Afrika timur. Ikan ini bukan merupakan hibrid baru tetapi masih keturunan dari spesies Aulonocara sp. “Stuartgranti Maleri. Dinamai Rubescens setelah Peter Rubin orang pertama yang pertama mengimpor ikan dari jerman.

Ikan yang termasuk ke dalam kelompok peacok cichlid atau lebih dikenal dengan aulonocara ini memiliki warna yang menakjubkan. Warnanya cerah dan merah sangat kontras dengan tanda biru cerah di wajah, ekor, dan sirip. Dan merupakan salah satu ikan populer dari ikan cichlid yang berasal dari danau Malawi.

Ketika sudah beradaptasi dengan akuarium warnanya akan semakin cerah. Sediakan ruang terbuka untuk berenang dan gua-gua untuk tempatnya bersembunyi, tidur dan berkembang biak. Penggantian air yang rutin juga akan membantu dalam pemeliharaan agar ikan sehat dan nafsu makannya baik. Tingkah lakunya yang tidak mau diam ketika ketika meminta makan membuatnya membuat kita semakin menyukainya.

Aulonocara Rubescens termasuk genus haplochromine. Dan seperti semua spesies Aulonocara ikan ini juga adalah mouthbrooder (menetaskan telur di mulut ibunya. Ikan jenis aulonocara juga sering disebut peacock cichlid.

Ikan ini bisa berukuran maksimal hingga 12cm saja. Seperti banyak ikan cichlid asal afrika lainnya ikan ini juga memiliki warna cerah dengah tubuh memanjang.

Ikan Aulonocara Rubescens / Ruby Red Peacock memiliki karakter semi agresif dan bisa disatukan dengan ikan cichlid afrika lainnya yang berasal dari danau malawi. Jenis ikan cichlid apa saja yang berasal dari danau malawi bisa dilihat di artikel ini – Jenis Cichlid Afrika-Danau Malawi

Nama Latin : Aulonocara (Rubescens) Diet: Karnivora Perbedaan gender: Dimorphic Temperature: 78 – 82°F pH: 7.8 – 8.6 Kesadahan air: Hard

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *