Resep Gulai daun dan buah melinjo pakai kepala ikan laut, Enak Banget

Resep Gulai daun dan buah melinjo pakai kepala ikan laut, Enak Banget

Resep Gulai daun dan buah melinjo pakai kepala ikan laut, Enak Banget

Gulai daun dan buah melinjo pakai kepala ikan laut. Meski hanya 'kepala ikan' namun ada kenikmatan tersendiri saat menyantap sajian yang satu ini. Bumbu yang meresap hingga ke sela-sela tulangnya sangat lezat untuk 'dihisap' dan dilahap. Lihat juga resep Gulai Ikan Mas Kacang Panjang enak lainnya.

Resep Gulai daun dan buah melinjo pakai kepala ikan laut, Enak Banget Ciri khas masakan gulai ikan kakap asli khas Sumatera Barat adalah penggunaan asam kandis dan daun ruku-ruku yang memiliki rasa dan aroma mirip daun kemangi. Resep dengan petunjuk video: Gulai Kepala Ikan, salah satu menu andalan di Rumah Makan Padang dengan rasa bumbu yang khas dan cocok untuk teman nasi panasmu! Cuci bersih kepala ikan kakap lalu buang insangnya kemudian beri perasan jeruk nipis agar ikan tidak amis.

Sedang mencari inspirasi resep gulai daun dan buah melinjo pakai kepala ikan laut yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal gulai daun dan buah melinjo pakai kepala ikan laut yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gulai daun dan buah melinjo pakai kepala ikan laut, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan gulai daun dan buah melinjo pakai kepala ikan laut enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Meski hanya 'kepala ikan' namun ada kenikmatan tersendiri saat menyantap sajian yang satu ini. Bumbu yang meresap hingga ke sela-sela tulangnya sangat lezat untuk 'dihisap' dan dilahap. Lihat juga resep Gulai Ikan Mas Kacang Panjang enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat gulai daun dan buah melinjo pakai kepala ikan laut sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Gulai daun dan buah melinjo pakai kepala ikan laut menggunakan 11 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Gulai daun dan buah melinjo pakai kepala ikan laut:

  1. Gunakan Ikan laut 1ekor berat 1 kg.
  2. Siapkan 1 buah Kelapa tua.
  3. Gunakan 1/2 ons Cabe merah.
  4. Siapkan Daun melinjo yang masih muda dan buahnya.
  5. Siapkan Rawit 20 buah(optional..sesuai selera ya sob ).
  6. Siapkan Bawang merah 8 siung,bawang putih 3 siung.
  7. Sediakan Jahe 3cm,kunyit 2cm,lengkuas 3 cm.
  8. Sediakan Daun jeruk 3 lembar,daun salam 2 lembar,daun kunyit selembar.
  9. Siapkan 5 cm Serai.
  10. Ambil Asam kandis 4 buah(klw masak gulai ikan wajib pakai ini).
  11. Sediakan Garam,penyedap rasa.

Bunga dan daun tanaman melinjo yang dikenal dengan sebutan Kroto So umumnya dikonsumsi sebagai sayuran. Panen bunga dan daun melinjo muda dapat dilakukan kapan saja tergantung kondisis dan kebutuhan. Untuk mendapatkan buah yang baik dan banyak. Ikan : gulai dari ikan mas , gulai telur ikan , gulai kakap , gulai cumi , dan juga gulai kepala ikan kakap.

Langkah-langkah menyiapkan Gulai daun dan buah melinjo pakai kepala ikan laut:

  1. Haluskan semua bahan kecuali daun2,serai dan asam kandis..
  2. Remas kelapa,pisahkan santan kental dan yang encer..
  3. Cuci ikan bersih setelah dipotong.
  4. Masukan santan encerdan bumbu halus serta daun jeruk,daun salam,daun kunyit dan serai.panaskan sampai mendidih..
  5. Setelah mendidih masukkan ikan laut,daun melinjo dan buahnya..setelah empuk daun dan ikan masukan santan kental yang dipisah tadi beserta asam kandis sambil diaduk sampai mendidih lagi.kemudian masukan penyedap.cocokkan rasa garam digulainya.selamat menikmati ya sob.ini gulai fari daerah sumatera barat khususnya pariaman.selamat mencoba dan menikmati ya sobat….

Gulai kepala ikan sangat enak dan lezat disajikan bareng dengan nasi hangat ,,mmh pasti sedap enak banget. Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis. Tapi mangut biasanya pakai ikan lele ntar ada yang ngelabrak kalau saya uji coba dan posting di sini Itu bumbu yang Wiwin pakai mirip Gulai dari Sumatra. Bila kita perhatikan, Gulai Kepala Ikan Kakap bumbunya selalu terasa lebih halus dan soft. Berbeda dengan gulai dari daging sapi atau kambing.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat gulai daun dan buah melinjo pakai kepala ikan laut yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *