Resep Hot pot Ikan Bakar

Resep Hot pot Ikan Bakar – Hot Pot mewujudkan etos makan bersama yang baru-baru ini dianut oleh begitu banyak restoran Barat. Anggap saja sebagai adaptasi dari dongeng sup batu: Anda bekerja sama dengan sekelompok teman untuk memasak berbagai bahan – daging yang diiris tipis, jamur, udang, salad Cina, mie segar, dan lainnya – dalam satu- panci berisi kaldu berbumbu yang dipanaskan di atas kompor induksi atau kompor listrik. Setelah matang sesuai dengan keinginan Anda, celupkan saus pilihan Anda dan makanlah. Bilas dan ulangi sampai sangat penuh.

Darimana Hot Pot Berasal?

Ada banyak variasi Resep Hot pot seperti halnya rumah tangga di Cina, tetapi pasti ada gaya daerah yang berbeda. Yang asli, diperkenalkan ke Asia Timur oleh Kekaisaran Mongol ribuan tahun yang lalu, adalah kaldu sederhana yang disajikan dengan daging kuda dan daging kambing. (Cerita apokrif menggambarkannya sebagai hidangan yang dimakan di helm tentara Mongolia saat bepergian.) Saat pengaruh budayanya menyebar, hot pot juga menyebar, dengan berbagai bentuk di seluruh Tiongkok utara, Korea, Jepang, dan Vietnam.

Apa yang termasuk dalam Hot Pot?

Apa yang termasuk dalam Hot Pot?
Apa yang termasuk dalam Hot Pot?

Panci panas terdiri dari tiga komponen dasar: kaldu, bahan pencelup, dan saus.

Air kaldu:

Satu restoran hot pot di Amerika Serikat sering menawarkan banyak pilihan kaldu, meskipun terkadang orang yang ragu-ragu dapat memilih kombinasi yang disajikan dalam panci yang sama dengan sekat logam. Jenis yang paling terkenal adalah kaldu keruh sederhana yang dibuat dengan ayam, jahe, goji berry, dan perasa lainnya. Favorit pribadi saya adalah sentuhan Chongqing yang berani dan berembun-pedas, yang penuh dengan merica Sichuan, cabai merah, acar sawi, dan pada dasarnya apa pun yang biasanya Anda temukan di rak bumbu koki Sichuan. Anda dapat memilih kaldu jamur yang lezat, tomat asam manis, atau bahkan varian seafood tom kha dengan rasa kelapa di beberapa tempat.

apakah Anda memakannya dengan sesuatu yang lain

Minumlah banyak bir dingin atau báijiǔ (白酒 atau minuman keras sorgum Cina yang akan membuat Anda tercengang) sambil jalan. Oleh karena itu, lauk pauk yang khas adalah jenis yang cocok untuk minum alkohol: kacang campur, salad mentimun pedas, panekuk daun bawang panggang, lumpia, atau salad jamur campur. Salad adalah pembersih langit-langit yang sangat baik saat Anda merasa kewalahan oleh rempah-rempah yang kuat dalam rebusan Anda – saat Anda memiliki ruang untuk hal lain.

bagaimana Anda memakannya

bagaimana Anda memakannya
bagaimana Anda memakannya

Ada beberapa hal yang perlu diingat saat Anda dan teman Anda memulai. Pertama, masak bahan Anda sedikit demi sedikit, coba sesuaikan dengan kecepatan makan Anda. Perlu diingat bahwa makanan akan menjadi panas saat Anda mengeluarkannya, jadi santai saja dan tunggu sup mendidih lagi di antara waktu. Bagian terakhir itu sangat penting. Anda tidak ingin hanya mencelupkan ayam beku ke dalam kaldu hangat – Anda ingin memanaskannya lagi karena Anda ingin semuanya matang dengan baik. Tidak ada koki yang mempraktikkan jaminan kualitas.
Makanan yang berbeda memiliki waktu memasak yang berbeda. Misalnya, jamur membutuhkan waktu 5-8 menit, sedangkan irisan tipis daging akan terlalu matang dan menjadi keras jika dimasak lebih dari 10 detik. Aturan praktis yang baik adalah membiarkan sayuran hijau yang kenyal duduk di dalam panci untuk melembutkan saat Anda mencelupkan dan memakan bahan yang lebih kecil dan lebih cepat. Jika Anda tidak yakin dengan keterampilan memasak Anda, undang saja teman berpengetahuan yang bisa memimpin!
Pastikan untuk menggunakan keranjang tangan atau sumpit panjang yang disediakan untuk mengeluarkan makanan Anda sehingga Anda tidak menggunakan peralatan yang sama untuk makan dan memasak. Kadang-kadang pelayan Anda mungkin membawa kendi kaldu dan mengisi panci Anda dengannya. Jika ini terjadi, jangan panik! Mereka hanya menyeimbangkan rasa dan memastikan Anda tidak hanya mengisap minyak beraroma murni dengan pasta Anda.

Resep Hot pot Ikan Bakar

Resep Hot pot Ikan Bakar
Resep Hot pot Ikan Bakar

bahan

  • 1,5 kg ikan
  • 1 sdt garam
  • 2 siung bawang putih geprek dan potong dadu
  • 1 inci jahe, memarkan dan potong dadu
  • 4-5 daun bawang (gunakan bagian hijau untuk mengasinkan ikan, gunakan bagian putih untuk menggoreng
  • 2-3 sendok makan arak masakan Cina
  • Minyak zaitun
  • 1 cangkir cabai merah kering
  • 1,5 sdm merica Sichuan
  • 4-5 buah cabai hijau
  • 1-2 inci jahe
  • 15 siung bawang putih utuh
  • 1 bawang sedang
  • 6 ons tauge
  • 12 ons akar teratai
  • 12 ons batang selada
  • 10 ons seledri Cina
  • 6 ons daun tahu
  • 4-5 gelas air atau kaldu
  • 2/3 cangkir basis rasa hot pot
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 1,5 sdm garam
  • 2 sdt gula

Cara membuat hot pot ikan bakar

Cara membuat hot pot ikan bakar
Cara membuat hot pot ikan bakar

Persiapan

  1. Saya menggunakan Yellowtail Snapper hari ini. Anda bisa menggunakan jenis ikan yang berbeda asalkan berwarna putih dan tidak berlemak. Hidangan ini merupakan kombinasi dari BBQ dan hot pot. Bagian dasar sup hot pot sudah berminyak, jadi jenis ikan yang berminyak tidak cocok untuk resep ini.
  2. Rendam ikan dengan daun bawang cincang, jahe cincang, bawang putih potong dadu, 1 sdt garam, dan 2-3 sdm arak masakan Cina selama 15 menit.
  3. Potong beberapa cabai merah kering untuk membuang bijinya. Rendam cabai dan 1,5 sdm merica Sichuan dalam air selama 15 menit.
  4. Cincang kasar 4-5 cabai hijau segar dan bagian putih daun bawang. Iris tipis 1-2 cm jahe dan kupas 15 siung bawang putih.
  5. Potong 1 bawang merah sedang menjadi potongan-potongan. Taruh di nampan tahan panas (saya pakai loyang keramik) bersama tauge. 2 bahan ini seperti tempat tidur. Semua hal lain akan melewatinya.
  6. Kupas akar teratai dan potong setebal 1/4 inci. Rendam akar teratai dalam air untuk mencegahnya teroksidasi dan berubah warna menjadi cokelat.
  7. Kupas celtuce dan potong setebal 1/4 inci.
  8. Buang bagian akar dan daun seledri Cina. Potong batang menjadi beberapa bagian sepanjang 1,5 cm.
  9. Gulung daun tahu dan potong setebal 1/3 inci.
  10. Memanaskan lebih dulu oven ke 500F. Jika oven Anda tidak bisa mencapai 500 F, maka 400 atau 450 sudah cukup.
  11. Gunakan handuk kertas untuk menghilangkan rasa apa pun dari ikan.
  12. Balikkan ikan ke rak pemanggang dan lapisi permukaannya dengan selapis minyak cabai atau minyak zaitun. Ini akan membantu ikan menjadi arang dengan baik dan mencegahnya menempel pada alat pembuat roti.
  13. Panggang ikan pada suhu 500F selama 10 menit.
  14. 10 menit kemudian keluarkan ikan. Oleskan lapisan kedua minyak cabai atau minyak zaitun pada ikan.
  15. Kurangi panas oven hingga 400 F. Panggang selama 20-25 menit tergantung oven Anda.
  16. Sambil menunggu, mari kita mulai memasak di wajan. Tambahkan 2 sdm minyak. Tambahkan cabai merah kering yang sudah direndam tetapi dikeringkan dengan baik dan merica Sichuan. Aduk kedua bahan ini dengan api kecil selama beberapa menit hingga sebagian besar kelembapannya menguap, lalu tambahkan potongan cabai hijau, bagian putih daun bawang, siung bawang putih, dan irisan jahe. Aduk terus hingga harum. Tambahkan basis sup hot pot. Saya menggunakan sekitar 2/3 cangkir, tetapi Anda dapat menggunakan lebih sedikit atau lebih tergantung selera Anda. Aduk cepat dan tuangkan dalam 4-5 gelas air (atau kaldu lebih baik lagi jika ada).
  17. Didihkan dan kemudian kecilkan api. Bumbui dengan garam secukupnya. Saya menggunakan 1,5 sdm di sini. Seharusnya rasanya lebih asin karena kami mendapat banyak sayuran dan daun tahu yang akan kami tambahkan nanti. Saya juga menggunakan 2 sdm gula. Resep ini pedas dan beraroma. Beberapa gula baik untuk menyeimbangkan rasa. Setelah rasanya enak, ambil sendok besar, keluarkan cabai, bawang putih… Sisihkan di samping. Kami akan menggunakannya sebagai hiasan.
  18. Kemudian tambahkan akar teratai, selada, seledri Cina, dan daun tahu ke dalam wajan. Suhunya akan turun tajam, jadi tunggu sampai mendidih lagi lalu tuang ke loyang persegi panjang.
  19. Sekarang ikan harus sudah siap. Keluarkan dari oven. Taruhlah ikan di loyang dan kemudian di hiasa sesuai keinginan.
  20. Untuk menyajikan hidang ini anda perlu menaruhnya di kopor portable yang di taruh di atas meja makan. Jika Anda tidak memiliki kompor portabel, tidak apa-apa; Anda dapat terus memanaskan semuanya di atas kompor biasa tanpa tutupnya selama 5 menit, sampai ikan terendam dalam sup satu panci yang beraroma dan membuat mati rasa. Kemudian Anda bisa mengeluarkannya dari dapur dan menyajikannya di atas meja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *