Resep Ikan Asap

Meskipun saya tidak pernah mengalami fase pemberontakan melakukan kejahatan seperti alkohol dan obat-obatan, merokok telah menyebabkan masalah bagi saya  di masa lalu. Asap ikan dan daging secara alami keluar dari dapur dan menyelinap di bawah pintu depan saya, menimbulkan kemarahan tetangga  yang lewat.

Lain kali saya mencoba, saya menempelkan kain lap di bawah pintu  dan membuka semua jendela di apartemen. Dengan sedikit asap yang mengepul dari wajan tertutup, saya menyimpan aroma  teh dan nasi yang manis di atas api selama sekitar 40 menit. sementara anggur yang direndam dalam ikan  mengeluarkan aroma memabukkan yang, bersama dengan sesendok gula yang saya tambahkan ke dalam wajan, menghasilkan potongan ikan asap berwarna kecokelatan yang indah – beraroma, empuk, dan berasap dengan sedikit karamel. Jika Anda hanya mengasapi makanan di luar ruangan dengan serpihan kayu, Anda akan puas dengan keefektifan pengasapan di dalam ruangan.

Resep Ikan Asap

Resep Ikan Asap
Resep Ikan Asap

Prinsip membakar sesuatu yang harum dengan api kecil adalah sama; Di dalam, lebih mudah memantau dan menyesuaikan panas. Meskipun Anda  bisa mengasapi di dalam ruangan dengan segenggam serpihan kayu, Anda juga bisa menambahkan bahan yang lebih ringan seperti dupa seperti teh, nasi, gula, dan bahkan lada. Kompor, beberapa menit pertama mengasapi di wajan adalah surga, mungkin 30 persen alasan utama saya mengasapi.

Aroma daun teh yang dipanggang di atas api tak terlupakan. Teh pilihan saya biasanya melati karena aroma bunganya. meskipun teh hitam yang lebih kuat akan menambah rasa  berasap pada daging atau ikan.

 

Cara mengasapi Ikan di dalam ruangan dengan wajan

Cara mengasapi Ikan di dalam ruangan dengan wajan
Cara mengasapi Ikan di dalam ruangan dengan wajan

Untuk mengasapi, cukup panggang daun teh dan nasi dalam wajan tertutup dengan api sedang-tinggi dan tunggu beberapa gumpalan asap keluar dari tutupnya. Setelah itu, tunggu beberapa menit hingga asap terbentuk di wajan; Kemudian matikan pemanas dan biarkan barang-barang di dalamnya menyerap asap. Jika Anda menunggu terlalu lama, Anda berisiko menambahkan sentuhan kepahitan pada makanan, tetapi Anda memiliki jendela peluang yang bisa dimaafkan di tahap akhir proses ini.

Setelah Anda terbiasa memoderasi panas dan waktu, Anda dapat bermain dengan berbagai jenis daging dan ikan. Daging empuk alami seperti paha ayam, perut babi, dan berbagai ikan berlemak dan tidak berlemak (salmon, cod, striped bass, dll.) bekerja dengan baik. Tergantung pada apa yang Anda mengasapi, Anda mungkin perlu memasak protein terlebih dahulu (ikan dan sebagian besar daging membutuhkan waktu yang singkat untuk dikukus, sedangkan bacon dapat digunakan untuk menumis perut babi lurus).

bahan

  • Satu fillet ikan 8 ons
  • 1/4 cangkir vermouth atau anggur beras, seperti sake atau anggur beras Shaoxing
  • 1 sendok teh masing-masing garam dan merica bubuk (hitam, Sichuan, campuran, dll.)
  • 1/3 cangkir nasi, lebih disukai nasi melati atau beras panjang
  • 1/4 cangkir teh, seperti melati atau hitam
  • 1 sendok teh gula

Bagaimana melakukan

  1. Rendam ikan dalam anggur dan taburi dengan garam. Rendam dalam rendaman selama 8 jam hingga 1 hari, balikkan ikan satu atau dua kali.
  2. Atur panci dengan sisipan uap. Kukus ikan selama 5 hingga 8 menit hingga ikan mulai bersisik. Angkat ikan dari api dan biarkan dingin selama 10 hingga 20 menit.
  3. Tutupi bagian bawah wajan dengan foil, pastikan foil pas di dalam wajan. Campur daun, beras dan gula di bagian bawah wajan. Tempatkan kisi uap di tengah wajan atau gunakan sumpit untuk meletakkan kisi di atas daun teh.
  4. Tepuk-tepuk sisa kelembapan dari ikan dengan lembut. Tempatkan ikan langsung di rak kawat atau sumpit. Tempatkan tutupnya di atas wajan dan gunakan tumpang tindih foil untuk menutupnya.
  5. Nyalakan exhaust fan dan buka semua jendela di dalam rumah. Panggang teh dan nasi dengan api besar selama 3 hingga 6 menit hingga asap mengepul dari wajan. Bersulang selama 5-7 menit lebih lama, lalu matikan api dan biarkan ikan beristirahat di dalam wajan selama 5-7 menit lebih lama. Baunya berasap – matikan api sebelum Anda mencium bau terbakar. Tergantung pada waktu dan jenis tehnya, ikan akan berubah menjadi emas hingga coklat tua. Sajikan pada suhu kamar atau dinginkan dan sajikan dingin. Ikan dapat disimpan di lemari es selama sekitar satu minggu.

peralatan khusus

Aluminium foil yang tahan lama

 

MENGAPA ITU BEKERJA

  • Wajan (dan lebih disukai tudung asap) memungkinkan Anda mengasapi di dalam ruangan dengan asap minimal.
  • Saat mengasapi di dalam ruangan, dupa yang lebih lembut seperti teh atau nasi bakar dapat digunakan.
  • Anda dapat mengasapi dalam skala yang lebih kecil dan mengontrol panas serta memantau kemajuan dengan lebih mudah.

 

Jenis Ikan Apa yang Harus Anda Asapi?

Jenis Ikan Apa yang Harus Anda Asapi?
Jenis Ikan Apa yang Harus Anda Asapi?

Salmon adalah kandidat yang bagus untuk merokok karena kandungan lemaknya yang tinggi. Secara umum, ikan dapat dibagi menjadi 2 jenis: ikan tanpa lemak dan ikan berminyak. Meski ada pengecualian, ikan berlemak cenderung lebih baik untuk diasapi karena menyerap rasa lebih baik daripada ikan tanpa lemak.

Salmon adalah contoh umum, meski tidak banyak orang yang tahu apakah salmon asap tergolong matang atau mentah. Salmon asap adalah suguhan untuk acara-acara khusus dan rasanya enak karena jaringan lemak ikan menyerap rasa kayu dengan lebih baik saat diasap.

Karena itu, jika Anda memutuskan untuk mengasapi ikan, lebih baik bertaruh pada ikan berlemak. Mereka adalah sumber asam lemak omega-3 yang bagus. (2) Selain salmon, ada juga tuna, trout, mackerel, sea bass, sturgeon, sailfish dan saber. Anda bisa merokok ikan tanpa lemak, tapi itu tidak ideal. Ikan tanpa lemak khas yang bisa Anda gunakan untuk merokok adalah haddock dan tilapia. Namun, mereka membutuhkan rasa tambahan untuk menutupi kekurangan lemaknya.

Beberapa potongan ikan berasap lebih baik dari yang lain. Untuk ikan besar seperti salmon dan tuna, filletnya bagus untuk diasapi. Lebih baik juga membiarkan kulitnya tetap utuh saat diasapi, sehingga ampasnya akan menyatu. Anda tidak ingin potongan ikan berasap yang lezat hancur di pengasapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *