Sayuran Umpan Mancing Ampuh Dan jitu, Cobalah

Ternyata sayuran bisa di jadikan umpan mancing yang ampuh. Ikan liar yang hidup di sungai,  dari jenis herbivore dan omnivore sangat menyukai beberapa jenis sayuran dan rumput.  Ikan tawes, wader, beles, nila dan graskap adalah contoh ikan yang menyukai makanan ini. sayuran bisa di olah terlebih dahulu menjadi esen,  atau juga bisa di pakai langsung ketika masih segar.

Sayuran Umpan Mancing Ampuh Dan jitu, Cobalah

Daun Sawi

Daun sawi umpan mancing dan caranya

Daun sawi merupakan sayuran yang biasa di masak bersama mie ayam, tapi tahu kah? Kalau ternyata sayuran sawi bisa di jadikan umpan mancing yang ampuh? tanaman sawi ada tiga macam:

  1. Daun sawi putih.memiliki batang pendek, tegap dan daun lebar berwarna hijau tua, tangkai daun panjang dan bersayap  melengkung ke bawah.
  2.  Sawi hijau, memiliki ciri-ciri batang pendek, daun berwarna hijau keputih – putihan, serta rasanya agak pahit.
  3.  Sawi huma memiliki  ciri batang kecil – panjang dan langsing, daun panjang – sempit berwarna hijau keputih – putihan, serta tangkai daun panjang dan bersayap.

Merangkai mata kail

Besar dan kecilnya ukuran mata kail di sesuiakan dengan ikan target, untuk ikan tawes no 1,0-3,0 sedang ikan nila 3,0-5,0 ikan graskap 4,0-8,0. Memakai rangkaian ombyok dengan jumlah mata kail de sesuaikan lebar daun dan besar-kecilnya mata kail.

Baca: Mancing ombyok

Sayuran Umpan Mancing Ampuh Dan jitu, Cobalah

Rangkaian mata kail

Memilih lembar daun yang bagus

Pilihlah Daun sawi yang mulus tidak koyak terutama di ujung daun, mempunyai batang besar dan kuat, tidak gampang sobek, ikan kecil lebih menyukai daun sawi muda, ikan babon menyukai yang tua dan hijau.

Cara memancing

Sayuran Umpan Mancing Ampuh Dan jitu, Cobalah

Mancing

Pasang mata kail di ujung daun dengan hati-hati dan jangan sampai koyak, sembunyikan senar yang mengikat mata kail di lipatan daun, mudah-mudahan ikan tidak melihat heh…he. Jepit ujung daun dengan timbal pemberat jenis lipat, atau ikat dengan tali plastic, pastikan ikatan dan jepitan kuat sehingga tidak gampang mlorot.

  1. Memakai teknik dasaran, ikat unjung rangkaian ombyok ke senar utama 0,16-0,22 dilengkapi dengan timbal pemberat, memakai joran dengan penggulung senar atau spinning, dan lemparkan ke spot atau sarang ikan.
  2. Teknik kambangan, ikat ujung rangkaian ke senar utama 0,14-0,16 di lengkapi dengan kambangan atau pelampung, letakan di sarang ikan.

Memancing dengan umpan sayuran, sangat baik di bulan mei juni dan juli. Atau menjelang musim kemarau, ketika air sungai mulai bening. Semoga artikel dengan judul, Sayuran  Umpan Mancing Ampuh Dan jitu, Cobalah, ber manfaat.

Nb

Baca : Umpan rumput atau suket mancing sungai

Mancing ikan besar di sungai

Umpan mancing pilihan di sungai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *