SEJARAH PERAHU YANG WAJIB DI KETAHUI

SEJARAH PERAHU – tahukah anda bahwa manusia mengenal perahu sejak jaman batu? Tercatat bahwa perahu pertama yang dibuat oleh manusia adalah kapal berbentuk kano.

Kano ini diciptakan pada jaman batu khususnya istiadat orang Amerika yg konon sudah trampil membuat ukiran kayu menciptakan kano.

Baca Juga ;

-Kapal Kayu Tradisonal

-Sejarah Kapal Pinisi

-Kapal Layar Kuno

-Perahu Nelayan

Untuk kapal-kapal awal  yang sudah layak digunakan dilaut kemungkinan telah dikembangkan pada 45.000 tahun silam.

Mereka pula mulai mengenal sistem penangkapan paus dengan cara mengusir mereka ke darat memakai menakut-nakuti menggunakan bunyi kebisingan,trik2, & memakai senjata yang nir buat mematikan, misalnya panah.

SEJARAH PERAHU

SEJARAH PERAHU YANG WAJIB DI KETAHUI

sejarah perahu

umumnya ini dipakai dalam spesies2 kecil misalnya paus pilot, paus beluga,

Para  orang mesir kuno memiliki pengetahuan cukup dalam layar konstruksi.Hal ini diatur

oleh ilmu dari aerodinamis .

Menurut sejarawan Yunani Herodotus , Nekho II mengirimkan sebuah ekspedisi dari Fenisia , yang dalam tiga tahun berlayar dari Laut Merah sekitar Afrika ke muara Sungai Nil. Beberapa sejarawan percaya bahwa Herodotus sudah mencapai keilmuan ini.

untuk perkembangan dan tokoh2 pelayar akan di ulas pada blog lainnya. Sekarang kita mencoba menuju tentang peristiwa2 penting, yaitu penemuan kapal yang dipakai sebelum motor ship (MS) untuk manusia bahkan hingga saat ini.

Sejarah kapal layar

Kapal layar adalah kapal yang digerakkan dengan menggunakan layar yang memanfaatkan tenaga angin sebagai pendorongnya.

Konstruksi Kapal ini umumnya terbuat dari kayu dan cukup lama digunakan sebagai tulang pungung pelayaran baik bersifat sipil maupun militer sampai penemuan mesin uap dan kapal besi/baja pada abad ke 19 seiring dengan ramainya Revolusi Industri yang dipelopori oleh Inggris melalui penemuan mesin uap oleh James Watt.

Pada awalnya, kapal layar digerakkan oleh tenaga manusia sebagai pendayung dan layar. Model dari kapal jenis ini dapat dilihat pada kapal viking, kapal Mesir Kuno, kapal Romawi Kuno, Kapal India Kuno sampai masa Kapal Borobudur yang sudah menggunakan kapal layar.

Seiring dengan perkembangan, maka digunakan kapa layar bercadik seperti yang dijumpai di Indonesia, Kapal dengan menggunakan layar segitiga seperti yang dijumpai di Timur tengah dan Kapal layar segi empat yang digunakan oleh Bangsa bangsa Eropa menjelang memasuki abad penjelajahan, Serta kapal layar lipat dengan model yang dijumpai di Jepang ataupun China.

Pada masa kini umumnya kapal layar dilengkapi dengan mesin tempel untuk menghadapi kemungkinan tidak bertiupnya angin pada daerah daerah tertentu agar tetap melanjutkan perjalanannya

Baca Juga ;

-Bahan Baku Fiber Glass

– Istilah Dalam Kapal Perikanan

-Cara Membuat Sampan Perahu

-Tahap Tahap Pembuatan Perahu

Sejarah kapal Uap

Setelah pembuatan kapal layar makin berkembang dan kebutuhan berlayar, yang lebih cepat mulai dirasakan, sedangkan kapal layar mempunyai berbagai keterbatasan maka kemudian kapal uap kemudian menjadi primadona transportasi baru.

Kapal uap atau yang disebut juga sebagai a steamer, adalah kapal yang digerakkan dengan tenaga uap yang menggerakkan propeler ataupun roda kayuh. Kapal uap atau Steamships disingkat menjadi SS, S.S. atau S/S.

Kapal uap mulai digunakan setelah ditemukannya mesin uap di Inggris oleh James Watt yang memunculkan revolusi industri yang juga merupakan revolusi bahan bakar sebab pada masa itu mulai digunakan batu bara dengan skala yang lebih luas menggantikan kayu bakar.

Pada pelayaran, ditemukan oleh John Fitch pada tahun 1787 dengan melayari Sungai Delaware, Amerika Serikat, kemudian Robert Fulton pada 1802.

Awalnya karena kekurang percayaan pembuat kapal dan awak kapal , kapal kapal uap masih menggunakan tiang-tiang tiggi dan dilengkapi dengan layar cadangan untuk mengantisipasi bila bahan bakar pada tungku uap habis.

Model seperti itu dapat ditemukan pada kapal perang masa Pre Dreadnought sebelum tahun 1906. Sebagai contoh kapal perang type Asahi (Jepang) atau Borodino (Rusia) yang terlibat perang laut di tsushima tahun 1902.

Baca Juga;

-Mengenal Kapal Perikanan Secara Umum

-Mengenal Kapal Ferry Katamaran

-Mengenal Sistem Penggerak Kapal Perikanan

-Mengenal Sistem Permesinan Kapal Perikanan

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *