Sejarah Teknik Mancing Popping Di Indonesia

Negeri kita Indonesia sudah terbiasa dengan beragam teknik memancing baik itu secara tradisional maupun modern. Mulai dari mancing dengan layang-layang, umpan bulu, mancing dasar, koncer, hingga dengan teknik mancing tonda / trolling. Nah untuk itu kali ini admin Sejarah Teknik Mancing Popping Di Indonesia .

Kapan teknik popping mulai digemari dalam indonesia ?

Baca Juga : GPS ( Global Positioning System )

 Negeri kita Indonesia sudah terbiasa dengan beragam teknik memancing baik itu secara trad Sejarah Teknik Mancing Popping Di Indonesia

Arti Popping

Didapat menurut imbas umpan tiruan yg dalam beri nama popper yang ditarik oleh pemancing dan berbunyi pop..Pop..Pop, karena suara itu makanya para pemancing menyebutnya menggunakan istilah popping. Umpan tiruan Popper dibuat dari materi dasar kayu. Cara menggunakannya dengan teknik kasting yaitu melempar umpan lalu menariknya.

Sejarah Popping

Tidak terdapat yg tau persis semenjak kapan teknik mancing popping ini masuk pada Indonesia. Walaupun banyak para angler yg kurang tahu awalnya popping mulai semarak dalam tanah air kita tetapi ada 3 orang pionir popping di Indonesia ini yaitu 1.Adhek Amerta Bali dua.Jhon Hambali & tiga.Munadi. Ketiga orang tadi telah menekuni teknik mancing ini selama bertahun-tahun sebelum para angler lainnya mengerti bagaimana teknik mancing popping. Menurut salah satu master popping Adhek Amerta berdasarkan Bali teknik mancing popping itu dari dari negara kangguru Australia tetapi pada negeri asalnya itu tidak berkembang justru malah di negara Jepang teknik ini merebak pesat. Dari Jepang inilah mulainya berkembang majemuk teknik popping disertai menggunakan indera-alatnya yg mendukung.

Nah dikarenakan banyaknya angler dari negeri surya terbit tersebut yg datang memancing di Indonesia maka teknik inipun mulai di kenal dalam tanah air. ?Saya memulai mancing teknik popping semenjak 16 tahun yg kemudian. Perkenalan saya memakai teknik popping dikarenakan tidak sporadis memandu pemancing berdasarkan Jepang pada Bali,? Menurut penuturan Adhek Amerta. Dari keseringannya memancing bersama orang Jepang itulah yg membuat Adhek Amerta semakin mencintai teknik ini. Oleh sebab yaitu itulah yang membuat Adhek Amerta berkreasi membangun umpan popper

Walaupun sudah menekuni teknik ini selama 16 tahun tapi pada kenyataannya teknik ini idak berkembang pesat di indonesia. Sekitar tahun 2001 hingga 2003 para angler yang tergabung dalam mailinglist mancing I di internet mulai mendiskusikan teknik mancing popping ini. Mulai hebohnya teknik ini sekitar tahun 2003. Merebaknya teknik popping membawa berkah tersendiri bagi toko-toko pancing, kondisi perkembangan teknik ini semakin hari semakin ramai. Banyak pemancing dari Jakarta mulai mencoba teknik popping, trip mancing ke Binuangeun kini sering dijadikan ajang uji coba para angler Jakarta untuk berpopping ria. Banyak dongeng keberhasilan para angler menaklukkan ikan kuwe gerong ( GT ) , karenanya mulai banyak para pemancing yang mencoba mencari ikan lain selain GT menyerupai tuna dan ikan predator lainnya.

Cerita puncak teknik popping menjadi sentra perhatian yaitu ketika turnamen mancing Berkah III yang berlangsung pada tanggal 19 hingga 20 Maret 2005, karena ketika turnamen itu ramai tim yang mancing menggunakan teknik mancing dasar dan trolling ( tonda )  namun tidak mendapat banyak ikan besar.

Justru ketika tim fishyforum.com dan tim Mata Elang pada ketika itu menggunakan teknik popping hasilnya luarbiasa, ikan kuwe gerong berukuran besar banyak terpancing. Joss Utoro dari tim fishyforum.com mendapat ikan kuwe gerong (GT) seberat 21,65 kg berhasil menduduki posisi juara pertama sedangkan tim Mata Elang di posisi kedua dengan tim pemancing Wing menerima ikan kuwe gerong seberat 21,25 kg.

Nah dari hasil turnamen itulah teknik mancing popping di kalangan angler semakin dikenal, semenjak ketika itu popping semakin terkenal di kalangan para angler mania.Tumbuhnya teknik mancing popping ini paling tidak telah menghapus pandangan minus terhadap para pemancing bila acara mancing ikan itu hanyalah acara malas tapi justru sebaliknya memancing dengan teknik popping sarat dengan unsur olahraga.

Sekian pembahasan artikel Sejarah Teknik Mancing Popping Di Indonesia ini agar menjadi manfaat buat rekan rekan angler sekalian  sampai jumpa kembali di artikel berikutnya, salam.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *