Steak Tuna Yang Enak

Butuh makanan sederhana berkualitas restoran? Cobalah steak tuna! Steak tuna adalah salah satu makanan mudah favorit kami karena tinggi protein dan hanya membutuhkan sedikit waktu untuk membuatnya: hanya 2 hingga 4 menit! Rasanya seperti daging yang meleleh di mulut Anda: dengan bagian luar yang asin dan berbumbu, serta bagian dalam yang mentah dan bermentega. Anda harus menggunakan ikan tingkat sushi di sini. Goreng dalam wajan panas dan itu salah satu makanan paling mengesankan yang bisa Anda masak!

Tips membeli steak tuna

Anda memerlukan sepotong besar ikan untuk resep steak tuna ini. Tuna Ahi, juga dikenal sebagai tuna sirip kuning atau tuna mata besar, adalah ikan yang ringan dan tidak berlemak yang biasa disajikan sebagai sushi, dalam mangkuk poke, atau dimasak setengah matang atau sedang. Ini dijual di supermarket dalam bentuk steak besar dan tebal, bukan fillet tipis seperti jenis ikan lainnya. Anda harus memperhatikan hal ini saat membeli steak tuna:

  • Pastikan kualitas sushi atau sashimi. Tidak ada persyaratan khusus untuk label kualitas sushi, tetapi itu berarti ikan tersebut berkualitas tinggi dan aman untuk dimakan mentah.
  • Periksa di konter ikan. Anda seharusnya dapat menemukan steak tuna ahi di konter bahan makanan lokal Anda.
  • Cari steak beku. Atau mungkin toko kelontong Anda memiliki steak beku. Ini bahkan bisa lebih segar daripada tuna segar saat dibekukan segera setelah ditangkap. Anda hanya perlu mencairkan di lemari es pada malam sebelumnya.
  • Cari tomboi. Ikan tangkapan liar biasanya merupakan pilihan yang berkelanjutan. Ada juga pilihan kualitas di tempat yang diatur dengan baik; lihat panduan konsumen Seafood Watch.

 

Cara memasak steak tuna

Cara memasak steak tuna
Cara memasak steak tuna

Bagaimana cara memasak steak tuna? Hanya butuh 2 hingga 4 menit, jadi cepat! Berikut adalah langkah-langkah dasar dari prosesnya, atau Anda dapat langsung melompat ke resep untuk memulai!

  • Biarkan sampai suhu ruang terlebih dahulu! Ini penting: jika tidak, bagian dalam akan tetap dingin saat bagian luar selesai! Diamkan pada suhu kamar setidaknya 20 menit sebelum dimasak. Itu membuat perbedaan besar!
  • Bumbui dengan banyak. Lapisi dengan garam dan merica seperti yang ditunjukkan pada foto di bawah ini. Kami menggunakan sekitar ¾ sendok teh per 8 ons.
  • Masak 1 sampai 2 menit per sisi, menggunakan termometer makanan untuk mengukur suhu (130 derajat Fahrenheit). Tambahkan steak dan bakar 1 hingga 2 menit per sisi, sampai agak kecokelatan di bagian luar tetapi masih rapuh di bagian dalam. Tuna terus dimasak sambil duduk. Untuk steak tuna medium-rare, suhu internal harus 130 derajat Fahrenheit yang diukur pada bagian paling tebal dengan termometer makanan.
  • Istirahat selama 2 menit. Ini akan membantunya mengeras dan lebih mudah dipotong.

 

Bisakah Anda memasaknya dengan ukuran sedang, bukan langka?

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak menginginkan tuna ahi mentah di dalamnya, seperti dengan anak-anak atau wanita hamil. Anda juga bisa menyiapkan media steak tuna! Mereka sama gemuk dan lezatnya. Inilah yang harus Anda ketahui:

  • Masak steak tuna sedikit lebih lama, hingga bagian dalamnya tidak lagi berwarna merah muda tetapi masih empuk. Steak akan terlihat abu-abu seluruhnya, bukan hanya bagian luarnya.
  • Periksa suhu internal kira-kira 135 derajat Fahrenheit.

 

Saus untuk resep steak tuna ini

Apakah Anda ingin saus dengan resep steak tuna ini? Berikut adalah beberapa ide penyajian yang enak:

  • Saus Bawang Putih dan Jamu: Saus bawang putih dan herba ini memiliki sentuhan Mediterania dengan lemon, peterseli, bawang putih, mentega, dan caper: dan membuat ikan bernyanyi.
  • Saus Hoisin: Untuk rasa Asia, cobalah saus celup hoisin yang dibeli di toko: Cepat dan mudah serta dikemas dengan rasa gurih.
  • Saus Ponzu: Saus ponzu adalah saus Jepang yang terbuat dari kecap dan jus jeruk. Coba resep saus ponzu ini.

 

Sisi untuk steak tuna

Hampir semua hal bisa dipasangkan dengan steak tuna ahi untuk membuat makan malam yang sehat. Berikut adalah beberapa ide untuk lauk pauk cepat yang dapat disiapkan dalam waktu yang dibutuhkan steak tuna untuk beristirahat dan memasak:

  • Tambahkan salad segar seperti salad couscous, salad lobak sederhana, salad farro gurih, selada romaine dewi hijau, salad adas dengan parmesan, atau salad kacang putih sederhana
  • Pilih sayuran cepat saji seperti asparagus panggang dengan lemon, tumis brokoli, atau mangetout

 

Tuna bakar dalam 5 menit

Tuna bakar dalam 5 menit
Tuna bakar dalam 5 menit

Alex dan saya mendapat banyak pertanyaan tentang makanan cepat saji. Dan tidak ada yang seperti tuna bakar sebagai ide makan malam yang mudah. Seared Ahi Tuna adalah salah satu makanan paling enak di dunia dan benar-benar matang dalam waktu kurang dari 5 menit! Taburi dengan sisa sayuran atau nasi dan Anda akan makan malam sebentar. Saat kami memulai situs web ini, kami kebanyakan memposting resep vegetarian dan vegan. Namun, seperti yang Anda ketahui, Alex dan saya adalah orang yang fleksibel: yaitu, kami kebanyakan makan sayuran, tetapi kadang-kadang makan ikan dan daging berkualitas baik. Jadi kami merasa sudah waktunya untuk membagikan trik makan malam cepat 3 bahan ini!

 

Cara menggoreng tuna

Seared Tuna adalah salah satu ide makan malam cepat pertama yang saya dan Alex buat saat kami mulai memasak bersama! Jika Anda belum pernah makan tuna ahi sebelumnya, saatnya untuk memulai. SEKARANG! Tuna ahi bakar tidak terasa amis sama sekali. Jadi, jika Anda mencoba meyakinkan seseorang yang ragu tentang makanan laut, tuna bakar adalah tempat yang bagus untuk memulai. Rasanya? Tuna bakar sangat, sangat lezat. Rasanya mentega di dalam dan asin dan pedas di luar. Itu salah satu makanan favorit Alex dan saya dan mengandung banyak nutrisi, terutama bagi orang-orang yang kebanyakan vegetarian dan vegan seperti kita.

Bagaimana cara membakar tuna? Ini sangat cepat dan mudah:

  • Panaskan wajan dengan sedikit minyak zaitun di atas api sedang-tinggi. Tambahkan tuna dan bakar sekitar 1 hingga 2 menit per sisi.
  • Keluarkan tuna dan potong seratnya menjadi irisan 1/2 inci. Setelah dipotong Anda dapat melihat bahwa bagian dalamnya memiliki warna merah jambu yang bagus (mentah) dan hanya bagian pinggirnya saja yang kecokelatan. Itu yang kamu mau! Tuna kami adalah kelas sashimi dan ditujukan untuk sushi atau sashimi, sudah diiris sebelumnya – yang membantu.

 

Tuna mana yang harus dibeli untuk tuna bakar?

Saat berbelanja tuna, carilah ikan yang diberi label kelas sushi atau sashimi. Meskipun tidak ada persyaratan khusus untuk label kualitas sushi, itu berarti ikan tersebut berkualitas tinggi dan aman untuk dimakan mentah. (Baca lebih lanjut di sini.) Cari steak tuna di konter makanan laut lokal Anda yang teksturnya keras dan warnanya merah cerah.

Alex dan saya dapat menemukan tuna beku tingkat sashimi di toko bahan makanan lokal kami. Itu dijual dalam kotak kecil dan dimaksudkan untuk menyiapkan sushi atau sashimi di rumah. Tapi itu sempurna untuk membuat tuna bakar! Jika Anda membeli yang beku, keluarkan saja dari freezer dan biarkan mencair di lemari es pada hari penyajian. Anda juga dapat menemukan tuna di konter ikan lokal Anda.

Cara hebat lainnya untuk menggunakan tuna kelas sashimi? Aduk mangkuk! Mampir untuk mempelajari lebih lanjut tentang Ahi Poke dan cara menyajikannya.

 

Cara menyajikan tuna bakar

Seared Tuna benar-benar resep 5 menit! Namun, untuk membuatnya menjadi makan malam 5 menit, cara termudah adalah menyiapkan sisa makanan untuk disajikan. Untuk makan malam tuna bakar kami, Alex dan saya menggunakan beberapa komponen yang kami miliki. Kami baru saja membuat taco kembang kol dengan saus yum yum, jadi kami menyadari bahwa banyak dari komponen tersebut dapat dikerjakan ulang untuk membuat semangkuk tuna bakar. Ternyata saus yum yumnya juga cocok sebagai saus tuna bakar! Inilah cara kami melengkapi tuna bakar kami:

  • Instant Pot Rice (beras merah di foto; quinoa juga cepat dan mudah)
  • Kembang kol dilapisi tepung roti (dari taco, dipanaskan kembali sesuai resep)
  • Acar bawang merah (yang kebetulan ada di lemari es kami)
  • Bayam, yang kita tumis selama 2 menit sampai layu, dicampur dengan sedikit garam dan sedikit minyak wijen panggang
  • Saus Yum Yum atau Mayo Pedas

Tentu saja, Anda bisa menyajikan tuna bakar Anda dengan apa saja: dengan nasi, di atas sayuran hijau dalam salad, dan dengan saus kami sebagai gerimis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *