Teknik rod casting bagi pemula & pro

Teknik rod castingg adalah seni yang dikuasai dengan latihan, dan apakah Anda baru mengenal olahraga atau veteran, beberapa menit setiap hari di halaman belakang akan membuat Anda menjadi pemancing yang lebih baik dalam waktu singkat. Dasar-dasar casting cukup sederhana: ini semua tentang mengatur waktu pelepasan iming-iming Anda dengan ayunan joran Anda. Tapi detailnya bisa sangat sulit. Untuk membantu Anda memahami casting dan membuat Anda melakukan casting seperti pro, kami telah menyusun panduan untuk beberapa teknik casting pancing umum, serta beberapa opsi lebih lanjut. Apakah Anda ingin tahu cara melempar lebih jauh? Lanjut membaca!

Teknik rod casting untuk pemancing pemula dan lanjutan

Tip Teknik rod casting pancing umum

Tip Teknik rod casting pancing umum
Tip Teknik rod casting pancing umum

Gips yang mudah dimulai dengan persiapan, dan untuk mendapatkan hasil maksimal dari joran dan reel Anda, Anda perlu mengikuti beberapa panduan dasar.

Periksa berat umpan

Sebagian besar joran telah merekomendasikan bobot garis dan umpan yang tercetak pada blanko. Tetap dalam kisaran itu hanyalah akal sehat, dan casting Anda akan semakin menderita semakin jauh Anda menyimpang dari angka-angka ini.

Muat koil Anda dengan benar

Apakah Anda lebih suka kesederhanaan penghancur angin dari gulungan pemintalan atau ketepatan penyiar umpan, gips yang baik bergantung pada spooling yang tepat. Saat memuat tali ke spul Anda, selalu ambil tali dengan sisi label spul cadangan menghadap ke atas. Ini menyesuaikan memori spool ke arah rotasi saat Anda memuat garis, dan saat casting memastikan garis jatuh lebih merata. Anda juga ingin garis pada gulungan tetap berada dalam jarak sekitar ⅛ inci dari kapasitas maksimum gulungan.

Setel ulang baitcaster Anda saat mengganti umpan

Setiap kali Anda mengubah bobot tekel ujung Anda, Anda mengubah tekanan yang diterapkan pada sistem penegang dan seret spool. Perbedaan yang sangat kecil mungkin tidak masalah, tetapi saya menemukan mereka sering melakukannya, dan perubahan besar berarti masalah besar. Yaitu, kecuali Anda meluangkan waktu untuk mengatur ulang gulungan Anda.

Pada dasarnya saya membiarkan rem saya sendiri kecuali ada perubahan bobot yang besar. Alih-alih, saya hanya menyesuaikan ketegangan koil sampai saya mendapatkan penurunan yang diinginkan saat melepaskan koil. Untuk pemancing baru, berhati-hatilah dan pertahankan pengaturan gulungan Anda cukup ketat.

Teknik dasar melempar joran

Teknik melempar dasar tidak terlalu sulit, tetapi perlu latihan. Dan semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk melempar di halaman atau jalan masuk, semakin bahagia Anda dengan penampilan Anda di atas air.

Dasar Pengecoran

gulungan berputar

Saat Anda siap untuk melempar dengan reel berputar, mulailah dengan memasukkan umpan Anda sekitar satu kaki dari ujung joran Anda. Kemudian cobalah untuk mendapatkan bagian gantungan yang berfungsi sedekat mungkin dengan bagian yang kosong. Ini akan membuat jalur Anda mudah dijangkau.

Anda harus melingkarkan tangan Anda di sekitar kursi reel dan kebanyakan pemancing suka meletakkan kaki mereka di antara jari telunjuk dan jari tengah. Kemudian, dengan jari telunjuk Anda, pegang garis itu dan tahan. Sekarang buka belenggu dan Anda bisa melempar. Setelah gips, cukup tutup bail dengan tangan Anda yang lain dan mulailah memancing.

Gulungan Baitcasting

Mulailah dengan memasukkan umpan Anda sekitar satu kaki dari ujung joran Anda. Kemudian letakkan ibu jari Anda pada spool dan tekan pelepas spool. Anda siap untuk mentransmisi!. Tapi sekarang sampai pada bagian yang sulit. Saat Anda melempar, spul berputar bebas, hanya dikendalikan oleh mekanisme seret, penegang spul, dan mungkin gesekan ibu jari Anda. Sebelum umpan menyentuh air atau melambat secara signifikan saat tertiup angin, hentikan gerakan gulungan dengan ibu jari Anda. Jika tidak, kemungkinan seperti ini:

atas

Pemeran di atas kepala adalah teknik paling umum yang akan Anda lihat di atas air. Menawarkan jangkauan dan presisi, ini adalah Teknik rod castingpertama untuk dipelajari dan dikuasai.

  • Mulailah mempersiapkan gulungan Anda untuk pengecoran.
  • Pegang tongkat dengan kedua tangan, pisahkan. Tangan Anda yang lepas harus sangat dekat dengan ujung pegangan dan Anda akan menggunakannya untuk kekuatan di belakang lemparan Anda, memutar palang di atas penyangga tangan Anda yang kuat.
  • Kemudian pindahkan ujung tongkat kembali ke atas kepala Anda dengan gerakan yang sama seperti yang Anda gunakan untuk memotong kayu. Sekitar 45 derajat di belakang Anda – atau sekitar pukul 2 – cukup jauh.
  • Jangan menjepret gips sebelum umpan Anda mundur!
  • Tangan bebas tarik dan pegang tangan Anda yang kuat, gunakan sebagai tumpuan atau tumpuan agar palang dapat bergerak maju.
  • Lepaskan tali pancing Anda saat ujung joran berada tepat di atas kepala sekitar pukul 12.
  • Ikuti sekitar pukul 10 pagi dengan joran Anda dan perhatikan ke mana arah umpan.

Tujuannya adalah untuk menciptakan lengkungan yang kurang lebih horizontal dengan iming-iming Anda, bukan presentasi yang terangkat dan menukik.

pistol

Sidearm Cast sangat ideal untuk situasi di mana Anda perlu menjaga agar umpan tetap rendah, apakah melakukan casting di bawah vegetasi yang menjorok atau menghindari cabang dengan tongkat saat melakukan casting di bawah pohon atau semak. Ini juga bagus untuk mengurangi percikan dan dapat menghasilkan presentasi yang sangat lancar dan berjarak baik jika Anda cukup berlatih. Pemancing tingkat lanjut dapat menggunakan gips lengan samping yang sangat dangkal untuk memandu umpan melintasi air seperti Anda akan melompati batu melintasi kolam. Dan jika Anda mencoba untuk dibujuk naik turun dermaga atau dermaga, ini bisa menjadi tiketnya!

  • Mulailah mempersiapkan gulungan Anda untuk pengecoran.
  • Saya biasanya melakukan Teknik rod casting ini sendiri dengan pemintal saya, tetapi dua tangan dapat memberikan lebih banyak tenaga dan kontrol.
  • Putar tangan Anda ke luar, miringkan palang dan putar ke atas. Posisi tangan dasar untuk gips lengan samping.
  • Kemudian gerakkan ujung tongkat ke belakang sekitar 45 derajat di belakang Anda.
  • Jangan menjepret gips sebelum umpan Anda mundur!
  • Tangan bebas tarik dan pegang tangan Anda yang kuat, gunakan sebagai tumpuan atau tumpuan agar palang dapat bergerak maju.
  • Lepaskan pancing Anda saat ujung joran berada tepat di sebelah Anda.
  • Ikuti sekitar 45 derajat di depan Anda dan perhatikan ke mana umpan terbang.

Ini akan memastikan penuangan yang bagus dan merata.

Teknik Teknik rod casting khusus untuk tingkat pro

Teknik Teknik rod casting khusus untuk tingkat pro
Teknik Teknik rod casting khusus untuk tingkat pro

Saat mengincar ikan yang waspada seperti crappie yang berkerumun di sekitar tunggul, atau berburu ikan bass di bawah daun teratai, diam-diam dan kehalusan adalah kuncinya.

menyelam

Panfish dapat membentuk kumpulan di dekat struktur vertikal yang tebal seperti tegakan pohon yang terendam sebagian. Mereka juga bisa pergi ke sekolah di ruang sempit lain yang tidak memungkinkan pendudukan tradisional. Menyelam adalah solusi untuk masalah ini.

Dipping menggunakan tongkat panjang seperti 12′ B’n’M atau Stick Pole untuk memasang umpan di tempat yang sempit. Idenya adalah mendekat, hentikan mesin dan gunakan tiang atau jangkar untuk menjaga kestabilan perahu Anda. Motor trolling tidak ada gunanya saat Anda sedekat ini dengan aksinya!

Kemudian, dengan menggunakan jangkauan palang atau tiang dan pegang senar di satu tangan, masukkan jig Anda ke dalam saku di antara cabang atau ke dalam penutup yang berat. Sentakan lembut pergelangan tangan Anda akan menggoda setiap piring yang ada!.

menembak

Bluegill suka berkumpul di bawah dermaga dan berlindung di tempat teduh untuk mengalahkan panas dan bersembunyi dari pemangsa. Tetapi ketika air sedang tinggi dan dermaga rendah, mereka bisa menjadi target yang sulit dijangkau, dan orang biadab sejati sering kali mencari tumpukan yang lebih dalam di mana Anda tidak dapat menjangkau mereka dalam sekali Teknik rod casting. Solusinya? Menembak!.

Dengan batang ultra ringan, pegang umpan lembut Anda di belakang kail dengan tangan kiri, buka dan pegang tali dengan kuat dengan jari telunjuk kanan Anda. Dengan menarik kembali perangkat cocking, Anda dapat memuat raket Anda seperti busur. Jika Anda melepaskan tangan kiri dan jari telunjuk Anda secara bersamaan, Anda dapat menembakkan alat itu seperti anak panah! Beberapa menit latihan yang hati-hati akan membuat Anda menjatuhkan alat itu ke dalam perlindungan yang dalam seperti seorang profesional.

Pemeran peran

Roll cast adalah alternatif untuk senjata samping dan sangat bagus saat Anda perlu memasukkan umpan ke tempat yang sempit. Terbatas pada rentang yang cukup pendek, menurut saya ini menawarkan presentasi yang sangat halus dan saya suka menggunakannya ketika saya khawatir tentang ikan yang mengejutkan di dekat pantai. Pikirkan gips sebagai lengan samping dengan pelintiran – gerakan halus dari ujung joran yang memberikan umpan Anda lintasan yang sangat datar.

  • Saya biasanya melakukan gips ini sendiri. Persiapkan gulungan Anda untuk casting.
  • Putar tangan Anda ke arah luar, arahkan joran dan gulungan Anda.
  • Lalu pindahkan ujung tiang ke belakang sekitar 45 derajat di belakang Anda.
  • Jangan menjentikkan gips sebelum umpan Anda bergerak mundur!
  • Saat Anda mulai bergerak maju, putar pergelangan tangan Anda untuk mendekatkan ujung joran ke air.
  • Lepaskan pancing Anda saat ujung joran berada tepat di sebelah Anda.
  • Berkendara di depan Anda sekitar 45 derajat dan perhatikan ke mana arah umpan.

Dengan latihan ini akan memberikan gips yang sangat lembut dan rendah yang selembut mungkin.

pitching dan pitch skipping

Banyak pemancing bass telah mengetahui bahwa casting untuk ikan trout yang menakutkan bisa jadi sulit. Percikan apa pun, bahkan presentasi norak apa pun, akan membuatnya menghilang. Yang dibutuhkan adalah presentasi yang tersembunyi, tenang, dan halus. Pitching hanya menawarkan itu!. Teknik ini dikembangkan khusus untuk baitcasting dan membutuhkan banyak latihan.

Idenya adalah menyelinap dengan perahu Anda, idealnya dengan motor trolling mati.

  • Mulailah dengan tongkat Anda di tangan Anda yang kuat dan umpan Anda di tangan Anda.
  • Lalu angkat ujung joran anda, lepas spul dan pada saat yang sama kendurkan umpan. Ini harus menghasilkan lemparan yang pendek dan sangat mulus.
  • Dengan mengerem spul dengan ibu jari Anda, Anda meredam benturan dan mengurangi percikan dan getaran. Pemancing tingkat lanjut ingin mengembangkan Teknik rod casting kedua: lemparan loncatan. Idenya di sini adalah untuk memantulkan umpan Anda di atas air, tetapi lakukan dengan lembut.
  • Mulailah dengan tongkat Anda di tangan Anda yang kuat dan umpan Anda di tangan Anda.
  • Buka tubuh Anda, luruskan dada dan pisahkan lengan Anda.
  • Lalu angkat ujung joran anda, lepas spul dan pada saat yang sama kendurkan umpan. Anda harus menggunakan lebih banyak kekuatan daripada yang Anda pikirkan dan lepaskan pada saat yang tepat untuk mengirim iming-iming Anda pada lintasan yang sangat, sangat datar.
  • Dengan mengerem spul dengan ibu jari Anda, Anda meredam benturan dan mengurangi percikan dan getaran.

Mencerminkan

Membalik adalah teknik siluman jarak dekat yang sederhana namun sangat efektif. Saat Anda berada dalam jarak dekat, flip bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menyajikan umpan Anda. Idenya adalah menggunakan pergelangan tangan Anda dan sedikit tali untuk membuat gips yang melengkung lembut.

  • Yang ini awalnya aneh. Jangan membuka belenggu Anda atau melepaskan gulungan Anda. Alih-alih, lewati garis yang cukup untuk memasukkan umpan ke gulungan Anda.
  • Turunkan telapak tangan Anda. Ini memberi pergelangan tangan Anda kebebasan bergerak yang lebih besar – dan lebih banyak kekuatan! Ini adalah keselarasan tangan dan pergelangan tangan yang benar untuk berputar.
  • Pegang umpan Anda begitu saja, lepaskan spool tapi tahan garis Anda dengan ibu jari Anda.
  • Angkat ujung joran Anda dan lepaskan tekanan umpan dan ibu jari Anda. Tindakan harus sepenuhnya berasal dari pergelangan tangan Anda – tidak ada gerakan lengan sama sekali!
  • Umpan Anda harus mengarahkan dengan mulus ke arah target Anda dan Anda perlu mengerem seperti biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *