Tips Dan Trik Mancing Baronang

Salam jumpa kembali teman angler sekalian, setelah beberapa hari yang lalu admin Tips Dan Trik Mancing Tenggiri kini admin akan menambahkan lagi informasinya dengan Tips Dan Trik Mancing Baronang . Memancing ikan baronang yaitu sebuah teknik mancing sederhana namun dengan sensasi yang membuat para pemancingnya tergila-gila dan lagi biaya untuk mancing baronang tergolong murah alasannya yaitu melakukannya cukup dipinggir dermaga, watu pemecah ombak dan lokasi lain yang tak jauh dari daratan. Umpan yang digunakanpun tidaklah butuh biaya mahal untuk didapat.

 Salam jumpa kembali teman angler sekalian Tips Dan Trik Mancing Baronang

SEDIKIT INFO TENTANG BARONANG

Baronang yaitu kelompok Rabbit Fish atau ikan herbivora tapi tidak menolak umpan udang rebon, nasi, cumi, kerang hijau, pisang dll. Ikan ini  selalu bergerombol mencari makan lumut atau teritip yang melekat di bebatuan, tiang-tiang dermaga, karang atau bagan.

ALAT YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEMANCING BARONANG

1 Joran Tegek – jenis joran ini tidak ada ring ( cincin ), tanpa dudukan reel dan biasanya terdiri dari 7-8 ruas yang panjangnya hingga 5,5 meter. Joran tegek untuk baronang yang cocok yaitu jenis yang kaku (hard tapper) secara keseluruhan namun lentur pada ruas 2-3.

2 Kenur Atau Tali Pancing – Kenur yang digunakan ialah yang trasnparan dengan kekuatan beban maksimal 10lbs s/d 12lbs. Kenur ini diikatkan diujung joran, biasanya ada tali yang melekat pada joran. Panjang kenur diadaptasi dengan panjang joran dan kedalaman air dilokasi mancing. Untuk memudahkan pemasangan umpan dan mengambil hasil tangkapan sebisa mungkin kenurnya jangan lebih panjang dari jorannya cukup 3/4 panjang joran atau 1/2 dari panjang joran

3 Pelampung – untuk pelampung baronang dibedakan dalam 2 tipe tergantung pada teknik memancingnya yang teman angler lakukan, ada pelampung gantung dan pelampung celup. Pelampung untuk mancing baronang ditandai dengan lubang ditengahnya dari atas tembus bawah untuk dapat memasukan kenur dan penjepit. Sedangkan bentuknya ada yang bulat, lonjong, kerucut gasing dsb. Sedangkan warna biasanya kontras dengan air laut supaya memudahkan teman angler melihat getaran pelampung tersebut.

4 Mata kail garong – mata pancing yang digunakan yaitu jenis garong terdiri dari 6 hingga 8 mata pancing disatukan dengan solder maupun di ikat, bentuknya menyerupai pada gambar. Ukuran pancing yang digunakan biasanya nomor 5-6. untuk baca teknik ini mampu langsing di Mancing Baronang Dengan Teknik Garong

5 Penjepit umpan – ini maksudnya yaitu untuk menjepit umpan dengan kenur, yang sering digunakan yaitu timah daun, stopper, karet, bahkan kenur pancing itu sendiri.

6 Perlengkapan lain – Sarung tangan, melindungi tangan dari duri baronang yang mengandung racun, Topi melindungi kepala, kacamata untuk melindungi mata dari sinar matahari ultra violet yang merusak pengelihatan. Sepatu yang sesuai untuk melindungi kaki dari watu tajam dan karang, tak jarang pemancing harus masuk kedalam air tergantung lokasinya. Coolbox atau icebox kawasan ikan kawasan menaruh tangkapan atau mendinginkan minuman yang teman bawa.Jangan lupa membawa konsumsi untuk isi perut 😀

LOKASI

Ikan baronang biasanya gerombolan mencari lumut atau teritip yang melekat di bebatuan, karang, tiang-tiang dermaga atau bagan, maka kawasan yang sempurna untuk memancing baronang adalah:

1. Dermaga, baronang sangat senang bersembunyi di erat tiang tiang dermaga

2. Rumpon kerang Hijau , baronang sangat menyukai kerang hijau

3. Sekitar karang atau batrean atau pemecah ombak terutama yg banyak lumut.

4. Kapal karam.

UMPAN

Umpan yang digunakan untuk memancing baronang, yang paling umum yaitu lumut hijau. Baronang dimanapun menyukai ini. Selain itu kita mampu gunakan umpan alternatif lain menyerupai lumut lumpur, lumut merah, nasi lumat, bakwan, kerang hijau, cumi, udang, daging kepiting, pisang, dll.

 Salam jumpa kembali teman angler sekalian Tips Dan Trik Mancing Baronang

Rasanya cukup sekian artikel Tips Dan Trik Mancing Baronang ini semoga bermanfaat buat teman angler sekalian jika ada salah dan teman angler ingin menunjukkan kritik dan sarannya silahkan tinggalkan komentar di bawah ya, terimakasih dan hingga jumpa lagi.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *