Tips Dan Trik Mancing Ikan Patin

Jambal atau biasa di sebut ikan patin ialah jenis ikan dasaran, ikan ini juga memiliki nama lain yang populer yaitu Pegasius, Tips Dan Trik Mancing Ikan Patin setelah beberapa waktu lalu membuat postingan artikel wacana ikan Black Bass Tips Dan Trik Memancingnya .

Langsung saja sob kita bahas bagaimana tips dan trik nya mancing ikan Pegasius ini:

PIRANTI / PERALATAN

Model rangkaian pancing untuk ikan yang satu ini kita mampu menggunakan pelampug atau glosor ( tanpa pelampung ). Ukuran mata kail yang di gunakan ialah ukuran kecil hingga sedang sebab ikan patin tidak memiliki lisan yang terlalu besar dan pemakaian mata kail dalam satu rangkaian pancing mampu 1 mampu juga 2 atau lebih. Pergunakan kawat nikelin halus serta lemas ( kenur pandu / lider ), kili-kili serta pemberat berukuran kecil. Bila teman angler lebih menyenangi penggunaan pelampung maka jarak kail hingga pelampung haruslah sepanjang dalamnya sungai atau bak supaya umpannya dapat menyentuh dasar sungai ataupun kolam.

 Jambal atau biasa di sebut ikan patin ialah jenis ikan dasaran Tips Dan Trik Mancing Ikan Patin

Urutan Pemasangan Piranti Pancing:

Ikatkan mata kail ke nikelin / kenur pandu kurang lebih sepanjang 5 hingga 7 cm lalu kenur pandu diikatkan ke kili-kili, bila teman menggunakan 2 buah mata kail ya 22 nya di ikatkan di kili kili tersebut dengan masing masing lider.

Jangan lupa memasukkan pemberat di kenur utama sebelum mengikatkan kili kilinya di tali utama. Timah pemberat ( bandul ) yang digunakan ialah jenis bolong tengah atau biasa di sebut timah melinjo jadi pemberatnya dapat bergerak leluasa pada tali utama. Setelah pemberat dimasukkan barulah kili-kili diikatkan ke tali utama, rangkaian pancing sudah jadi lalu gunakanlah stopper pada senar utama semoga timah pemberat tidak bergerak terlalu jauh dari kili – kili, kira kira 5 cm cukup memadai.

Aneka Umpan Ikan Patin Atau Jambal Atau Pegasius

Resep 1

5 bungkus roti rasa keju yang murah meriah harga 1.000 an diseduh dengan air panas secukupnya lalu di aduk hingga menjadi pulen.

Resep 2

Roti tawar yang di beri sedikit belacan / terasi udang dan kuning telur ( telur angsa lebih baik sebab aromanya ) lalu campurkan dengan pelet.

Resep 3

Cacing

Resep 4

Pelet dicampur santan kara lalu di aduk merata

Resep 5

Roti atau tepung roti di campur santan kara kemudian di aduk rata hingga pulen.

Resep 6

Roti saja tanpa campuran cukup baik juga untuk umpan ikan patin.

Resep 7

Rebusan ikan mas, siangi ikan mas usahakan kulitnya tidak rusak lalu rebus setelah matang angkat ikannya dan pisahkan kulit dari dagingnya. kulit ikan mas eksklusif dibuat umpan pada satu mata kail sedangkan daging ikannya di pakai untuk bom umpan pada satu mata kail yang lainnya mampu juga di campur pelet.

Resep 8

Roti tawar 1 ball di tambah santan kara 2 bungkus kecil lalu vanilli 2 bungkus kecil juga.

Pengolahannya: kupas kulit roti yang nantinya digunakan untuk bom umpan, lalu di parut atau diblender hingga halus kemudian campur santan kara dan vanelli. Adonan ini aduk hingga kalis hingga tidak lagi lengket pada tangan. Adonan ini akan terasa lembut jikalau masih terasa keras tambahkan lagi santan kara. Umpan siap di gunakan.

Ok kita lanjut pada Tips Dan Trik Mancingnya, setelah umpan terpasang lemparkan ke tengan sungai atau kolam, pastikan posisi senar berada pada garis lurus antara pemancing dan umpan. Sobat tidak perlu menarik senar hingga tegang biarkan saja sedikit kendor nanti bila ikan menyambar akan terlihat dari pergerakan talipancing tersebut. Ingat ikan patin itu tidak akan membawa umpan yang di makan dalam satu kali sentakan, jadi begitu senar bergerak beberapa ketika cepatlah sentak joran sobat, lambat menyentak menimbulkan ikan terlepas.

 Jambal atau biasa di sebut ikan patin ialah jenis ikan dasaran Tips Dan Trik Mancing Ikan Patin

Ikan patin itu terasa asik perlawanannya bila dipancing memakai senar halus. Nah untuk teman yang masih pemula disarankan senar dengan ukuran 8 hingga 12 lbs namun yang menyukai dengan pertarungan tarik ulur mampu menggunakan senar yang ukurannya 2 hingga 6 lbs.

Sobat angler jangan pula lupa dengan setelan drag reelnya harus diubahsuaikan dengan ukuran senar. Hentakan pertama tidak membuat ikan patin yang berukuran besar melawan dengan berpengaruh hanya saja terasa berat tetapi ketika ia semakin kepinggir ikan ini akan mulai mengamuk. Berhati hatilah ketika sentakan mendadak dari ikan patin terhadap senar yang berukuran kecil dapat menimbulkan tali senar putus. Siapkanlah serokan ketika ikan sudah mendekat untuk mengangkat ikan tersebut ingat jangan memegang tali pancing bila ingin mengangkat ikan untuk diserok. Patin yang hendak diserok biasanya melawan dengan kuat.

Demikianlah Tips Dan Trik Mancing Ikan Patin kali ini, semoga ada manfaat yang mampu teman angler dapat dari artikel ini. hingga jumpa lagi di artikel lainnya. Lihat video pertarungan strike dengan ikan patin DISINI.!

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *