Tips Dan Trik Memilih Joran Atau Rod Untuk Casting

Dalam melaksanakan aktifitas memancing sebagaian orang tidak bis lepas dari yang namanya joran atau rod nah untuk itu kali ini Tips Dan Trik Memilih Joran Atau Rod Untuk Casting  untuk teman angler yang masih mencari cari kira kira yang mana cocok dan pantas untuk di gunakan disaat memancing. Saat teman angler ingin membeli joran atau rod sebaiknya perhatikan beberapa hal sebagai berikut :

 Dalam melaksanakan aktifitas memancing sebagaian orang tidak bis lepas dari yang namanya jor Tips Dan Trik Memilih Joran Atau Rod Untuk Casting

Memilih Joran Casting Terbaik

Pertama Tama Adalah Berat Joran

Berat joran haruslah  menjadi perhatian bagi teman angler sekalian, joran yang terbuat dari fiberglass itu besar lengan berkuasa namun cukup berat sedangkan joran yang terbuat dari carbon lebih ringan tapi mudah patah bila dibandingkan dengan joran yang terbuat fiberglass. Untuk teman yang hobi menggunakan teknik mancing casting harus memilih yang ringan yaitu yang terbuat dari materi carbon biar tidak mudah lelah dikala melaksanakan teknik mancing casting.

Yang Kedua Handle Atau Grip

Nah buat handle atau grip pada dasarnya terdapat 3 macam yaitu yang pendek, sedang & panjang. Handle joran yang pendek umumnya digunakan buat casting memakai satu tangan atau biasa dalam sebut single hand casting sedangkan yg panjang buat double-hand casting atau casting menggunakan 2 tangan. Untuk yang medium dalam umumnya buat single-hand casting akan tetapi posisi ujung joran yang sedikit lebih panjang bisa dipakai buat membantu kita menahan beban pada joran waktu bertarung memakai ikan. Pada handle masih ada reel sheet atau dudukan reel. Sobat angler harus tahu dulu kira kira reel apa yg mau pakai apabila ingin memakai Spinning Reel jorannya pula wajib diadaptasi demikian pula apabila mau gunakan bait reel.

Yang Ketiga One piece Rod / Joran Casting

Joran atau rod yang hanya 1 batang bekerjsama yaitu joran terbaik untuk teknik mancing casting, untuk joran yang panjangnya lebih dari 1,8 m sedikit sulit jikalau kita paksakan jadi one piece jadi  untuk joran panjang akan lebih baik bila memilih yang 2 pieces untuk panjang joran kira kira 3 m atau 3 pieces untuk yang lebih panjang lagi.

Yang Keempat Fast Tapper Atau Slow Tapper

Pada umumnya joran pada bagi atas 2 type tapper yaitu Fast Tapper

Tapper yaitu istilah kecepatan action joran dikala merespon gerakan teman angler ketika menghentaknya pada waktu strike atau umpan disambar ikan. Joran atau rod fast tapper cenderung sedikit lebih keras pada adegan pangkal hingga pada adegan tengahnya dan sedikit lemas/lentur di adegan ujung, sedangkan untuk yang slow tapper cenderung lebih lembut / lentur mulai dari ujung joran akrab handle / grip. Nah joran tipe fast tapper lebih mudah dipakai untuk teknik mancing casting sebab dengan joran ini kita mampu casting lebih jauh dan respon joran atau rod dikala di gentak / sentak juga cukup cepat.

Sekian Tips Dan Trik Memilih Joran Atau Rod Untuk Casting kali ini hingga jumpa lagi di artikel selanjutnya. Jangan lupa juga baca 5 Faktor Utama Saat Memancing .

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *