Tips Dan Trik Memilih Kail Untuk Karakter Ikan Tertentu

Bagi penggila mancing sebaiknya artikel yang satu ini dapat menjadi pola embel-embel ilmu untuk sedikit lebih mudah menangkap ikan yang telah di targetkan yaitu dengan cara memilih mata kail yang cocok dengan aksara ikan tersebut memakan umpan. Silahkan di pahami artikel dari kami Tips Dan Trik Memilih Kail Untuk Karakter Ikan Tertentu .

Tips Memilih Kail Untuk Karakter Ikan Tertentu

Cara Ikan Memakan Umpan:

Masing masing ikan memiliki cara tertentu dalam memakan umpan ,ada yang menyambar, menghisap / sedot, meragut maupun mamagut, mari kita bahas satu persatu karakteristiknya dan mata kail yang cocok untuk masing masing tersebut.

1. Menyambar

 Bagi penggila mancing sebaiknya artikel yang satu ini dapat menjadi pola embel-embel ilmu u Tips Dan Trik Memilih Kail Untuk Karakter Ikan Tertentu

Mata Kail yang cocok untuk karekter ikan yang makan umpan dengan menyambar

Gambar mata kail di atas yaitu untuk jenis ikan yang menyambar umpan yang kebanyakan ikan tersebut adalah ikan yang bergigi tajam atau ikan “predator” yang akan memakan umpan semasa bergerak. Kebanyakan hal ini terjadi ketika kita memancing menggunakan teknik tonda (trolling), casting, atau memancing dengan umpan hidup (live baiting). Beberapa jenis ikan yang berkarakter yaitu Ikan Alu ( baracuda ), Haruan Tasik ( sejenis gabus ), Ikan Hiu, siakap, Tenggiri, kuwe atau GT dan lain sebagainya.

Karakter menyambar umpan maka mata kail jenis “Tuna Hook” atau ” Big game Hook” sangat cocok sekali di pakai, yang mana mata kailnya menegak lurus kepangkal, alasannya bila ikan menyambar umpan mata kail akan tetap nyantol pada ikan tersebut. Jenis mata kail ini juga memiliki daya tahan yang besar lengan berkuasa dan tidak akan lurus ketika ikan berontak. Menurut penelitian ketika ikan menyambar umpan, kekuatan hentakannya yaitu 10 kali lebih berat dari tubuh ikan tersebut. contoh berat ikan 10 kg maka kekuatannya ketika berontok kurang lebih 100 kg. Makara bila mata kail tidak besar lengan berkuasa atau tidak cocok penggunaannya maka ikan akan terlepas.

2. Ragut / Merebut

 Bagi penggila mancing sebaiknya artikel yang satu ini dapat menjadi pola embel-embel ilmu u Tips Dan Trik Memilih Kail Untuk Karakter Ikan Tertentu

Jenis gambar mata kail di atas sangat cocok untuk aksara jenis ikan yang memakan umpan lalu di bawa lari menyerupai merebut sesuatu,Ini sering terjadi ketika memancing dasaran (bottom fishing) atau mengambur (drift fishing) menggunakan umpan mati. Jenis ikan berkelakuan diantaranya yaitu ikan Merah, jenak, Pari dll. Nah mata pancing yang disarankan yaitu dari jenis kail dengan matanya membengkok sedikit kedalam atau disebut ” circle hook” yang diciptakan khusus untuk mengcakok ikan hanya pada mulutnya. Menggunakan jenis mata kail ini sangat berbeda dengan jenis yang lainnya alasannya kita sebagai pemancing tidak perlu menyentak ketika umpan di makan alasannya akan otomatis akan tersangkut di verbal ikan, pengalaman saya menggunakan mata kail ini rata rata ikan yang terpancing yaitu 99.9 %. Kelebihan lainnya mengunakan kail jenis ini yaitu ikan yang terpancing dapat dilepas kembali hidup hidup ( catch and release ) kerana mata kail hanya tersangkut di verbal tidak hingga tertelan.

3. Memagut (Nibblers)

 Bagi penggila mancing sebaiknya artikel yang satu ini dapat menjadi pola embel-embel ilmu u Tips Dan Trik Memilih Kail Untuk Karakter Ikan Tertentu

Mata kail jenis ini sangat cocok untuk ikan yang tidak bergerak ketika memakan umpan ( tidak membawa lari umpan ). Oleh alasannya itu sangat susah sekali menerima ikan jenis aksara makannya memagut ini, adapun jenis ikannya seperti ikan gelame, ikan duri dan anak ikan atau ikan yang berukuran kecil. Untuk ikan yang suka makan dengan aksara saya sarankan mata kail yang jenis lurus dan mendonggak kesamping (off set point). Gunakan juga mata pancing yang berukuran kecil jangan terlalu bersar. Untuk menerima ikan jenis ini haruslah cepat menyentak bila terasa ikan memakan umpan.

4. Menghisap (Sucking)

 Bagi penggila mancing sebaiknya artikel yang satu ini dapat menjadi pola embel-embel ilmu u Tips Dan Trik Memilih Kail Untuk Karakter Ikan Tertentu

Mata kail ini cocok untuk ikan yang aksara memakan umpannya dengan menghisap menyerupai ikan kerapu, pelata bali dll, Ikan jenis ini ada yang mempunyai gigi tajam dan ada juga yang mempunyai insang yang tajam untuk memotong umpan setelah umpan masuk kemulutnya. Untuk ikan jenis ini saya sarankan gunakan kail yang mempunyai tangkai panjang.

Nah setelah mengerti beberapa aksara ikan memakan umpan kini kita jadi lebih tau dan yakin dengan pemilihan mata kail yang cocok untuk target ikan yang kita pancing. Pengetahuan tersebutkan dapat di praktekan bila ingin memancing Sang Idola Ikan Berparuh ( Billfish ) . Semoga artikel Tips Dan Trik Memilih Kail Untuk Karakter Ikan Tertentu ini bermanfaat dan hingga jumpa lagi di lain waktu.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *