Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod

Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod – Salam jumpa kembali sahabat angler mania sekalian, supaya kalian tetap semangat dalam melaksanakan acara mencing baik itu yang di kolam / empang, danau sungai maupun lautan. Untuk yang suka beraktivitas memancing di laut haruslah lebih hati hati dan waspada karena sekarang lagi demam isu angin utara, di mana demam isu utara ini sangat banyak acara laut yang di hentikan karena kekuatan angin dan ombak yang besar dapat membahayakan diri.

Seperti yang sahabat pemancing ketahui artikel sebelumnya, kami telah membahas ihwal Tips Melepaskan Mata Kail Yang Nyantol Di Badan , supaya saja sudah sahabat baca, jikalau belum sebaiknya di baja sob karena berita tersebut sangat penting dan wajib di ketahui oleh para pemancing demi untuk keselamatan dan dukungan pertama pada kecelakaan memancing ( bila hal tersebut terjadi ). Ok selanjutnya kita akan membahas ihwal Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod sesuai judul artikel ini.

Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod

Blank Rod atau biasa di sebut juga sebagai Batang Kosongan / Joran Kosongan adalah sebuah istilah yang di gunakan oleh para pembuat pancingan / produsen pancing untuk menciptakan sebuah stick pancing / joran. Joran kosongan ialah materi pokok untuk pembuatan joran yang siap pakai. Untuk itu bagi sahabat pemancing yang ingin mencoba membuat joran sendiri ada baiknya perhatikan tips di bawah ini yang dapat di jadikan patokan kira kiar joran jenis apa yang akan sahabat buat.

Tipe Joran Kosongan atau Blank Rod di bagi menjadi 3 katagori yaitu:

Fast Tapper ( Cepat ), Moderate Tapper ( sedang ) dan Soft Tapper ( Lembut )

Istilah dari tapper ini dalam bahasa umumnya untuk penyebutan kecepatan agresi dari joran tersebut sewaktu merespon sentakan kita dikala strike.

  • Tipe dari joran fast tapper cenderung kaku dan letak lengkungan beban pada ujung joran.
  • Tipe dari moderate tapper tingkat dari kekakuan jorannya sedang dan letak lengkungan beban di tengah joran.
  • Tipe dari soft tapper ialah joran yang lentur yang mana letak lengkungannya merata hingga pangkal joran.

Baca Juga : Tips Dan Trik Memilih Joran Atau Rod Untuk Casting

Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod

Tips Memilih Blank Rod / Joran Kosongan

Pahami telebih dahulu kira kira dimana dan jenis joran apa yang sahabat inginkan jadi intinya sesuaikan dengan kebutuhan dan selera, apakah ingin memancing di laut atau kolam ataupun hanya mancing pinggiran. Sedikit saran dan masukan, bila ingin memncing di laut sebaiknya pilihlah jenis joran yang terbuat dari materi carbon, selain cukup berpengaruh ianya juga ringan. Dengan joran yang ringan dapat mengurangi efek lelah ketika bertarung dengan ikan ikan besar. Sedangkan untuk di empang atau kolam joran dari materi fiber sudah cukup memadai karena pertarungan dengan ikan di empang tidak terlalu membutuhkan tenaga ekstra ( umumnya )

Beberapa Jenis Bahan Membuat Joran

Berikut ini akan di jabarkan jenis materi untuk pembuatan joran yang umum di pergunakan, yaitu:

  • Bahan dari Carbon Composite
  • Bahan dari Graphite
  • Bahan dari Fiberglass
  • Bahan alami

1. Bahan Carbon Composite

Bahan Carbon ialah jenis materi yang bertecnologi tinggi dan umumnya digunakan untuk memancing jenis ikan besar atau kelas berat, selain berpengaruh joran jenis ini juga lebih akurat dalam lontaran umpan. Joran ini sangat ringan, lentur dan juga kuat. Bahan carbon composite ialah materi yang tepat ( menurut pendapat para pemancing ketika ini ). Bahan Composite tingkat ke ringanan dan juga sensitivitasnya sama dengan graphite serta daya tahan laksana fiberglass. Itulah sebabnya materi ini menjadi idola gres sekarang ini setelah kala joran berbahan graphite.

Kelebihan Dari Joran Berbahan Carbon Composite:

– Jauh Lebih kuat

– Jauh Lebih ringan

– Jauh Lebih halus

– Jauh Lebih mengkilat

– Jauh Lebih kaku (relatif karena tergantung dari kualitas materi serat carbon yang dipergunakan)

Kekurangan Dari Joran Berbahan Carbon Composite:

– Tipis

– Mudah patah (relatif karena bergantung dari kualitas materi yang di pergunakan)

– Harganya lebih mahal

2. Bahan Graphite

Graphite menjadi materi untuk membuat joran karena sifatnya yang ringan serta kuat. Selain dari pada itu materi graphite juga mempunyai tingkat sensitifitas yang baik terhadap sentuhan ikan ketika umpan di makan. Sensitifitas pada joran sangatlah penting apalagi dikala menggunakan umpan yang cukup ringan. Umumnya joran yang berbahan graphite ialah joran premium alias berkelas dan mahal. Graphite jauh lebih ringan dan baik dari pada fiber.

3. Bahan Fiber

Bahan joran dari fiber ialah termasuk generasi pertama di ciptakannya joran pabrikan sebelum graphite atau carbon composite populer. Seiring waktu serta banyak keluhan yang datang dari pemancing karena tingkat sensitivitas yang kurang fiberglass tidak lagi jadi primadona para pemancing. Bahkan ada beberapa pabrik joran yang cukup ternama tidak lagi menggunakan materi fiberglass untuk membuat joran. Walaupun demikian materi fiberglass masih ada di gunakan untuk pembuatan joran jenis fly fishing dan joran ekonomis dengan harga murah.

Kelebihan dari joran berbahan Fiber:

– Alot tidak mudah patah

– Umumnya tebal

– Harga relatif murah

Kekurangan dari joran berbahan Fiber :

– Umumnya lebih lentur

– Kurang kaku

– dan lebih berat

4. Bahan alami

Salah satu materi alami yang di gunakan untuk di buat menjadi joran ialah bambu, Yogyakarta ialah salah satu kawasan yang banyak penggunaan joran bambu yang biasanya di gunakan untuk mancing di empang ataupun sungai.

Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod Tips Memilih Joran Kosongan Atau Blank Rod

Demikianlah berita singkat dari kami tentang Tips Dan Trik Mengganti Cincin Joran , hingga jumpa lagi salam mancing mania salam strike joran melengkung cui.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *