TRANSFORTASI BATUBARA DENGAN TONGKANG

Pengangkutan Batubara – Bagaimana Cara Pengangkutan Batubara? Batubara adalah sumber daya alam Indonesia, komoditas ekspor tertinggi, batubara yang proses pembentukannya memakan waktu ratusan juta tahun yang lalu. Pembentukan batubara membutuhkan kondisi tertentu, Berikut ini transportasi pengangkutan batubara menggunak

TRANSFORTASI BATUBARA DENGAN TONGKANG

Selama Zaman Permian, kira-kira 265 juta tahun yang lalu, endapan batubara juga ekonomis di belahan bumi selatan, seperti Australia, dan berlanjut hingga Zaman Tersier (65 – 13 juta) di belahan dunia lain.

Pemuatan batubara di ponton

Di Indonesia khususnya, endapan batubara yang bernilai ekonomis terdapat pada cekungan Tersier yang terletak di bagian barat Paparan Sunda di Kalimantan dan Sumatera pada umumnya, endapan batubara ekonomis tersebut dapat dikelompokkan sebagai batubara Eosen atau disekitar Tersier Bawah. , sekitar 45 juta tahun. masa lalu dan Miosen atau sekitar Tersier Atas.

Batubara terbentuk dari endapan gambut pada iklim purba di sekitar ekuator yang sama dengan kondisi saat ini. Beberapa di antaranya tergolong kubah gambut, yang terbentuk di atas rata-rata muka airtanah pada iklim basah setiap tahunnya.

tongkang batubara - TRANSFORTASI BATUBARA DENGAN TONGKANG

Dengan kata lain, kubah gambut ini terbentuk dalam kondisi dimana mineral anorganik yang terbawa air dapat masuk ke dalam sistem dan membentuk lapisan batubara yang memiliki kadar abu dan sulfur yang rendah serta menebal secara lokal.

Ini sangat umum terjadi pada batubara Miosen. Sebaliknya, endapan batubara Eosen umumnya lebih tipis, memiliki kandungan abu dan sulfur yang tinggi. Kedua umur endapan batubara ini terbentuk di lingkungan danau, dataran pantai atau delta, mirip dengan daerah pembentukan gambut yang terjadi saat ini di Sumatera bagian timur dan sebagian besar Kalimantan.

Proses pemuatan / pemuatan batubara dari jetty conveyer menuju ponton (tongkang)

proses loading / loading batubara dari jetty ke ponton / barge

Setelah proses loading selesai, barge langsung ditarik oleh tug boat (TB) dari dermaga menuju kapal besar biasanya di kalimantan proses loading dari ponton ke kapal besar di muara sungai selama musim selatan, dan di muara Jawa saat musim utara.

Demikian artikel ini , semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *