Trik cara memancing Ikan Belanak di laut paling efektif


Trik cara memancing Ikan Belanak di laut paling efektif

Benar-benar unik cara memancing yang satu ini. Kita tidak perlu menggunakan pengait atau pengait, tapi cukup dengan botol plastik bekas atau larutan penyegar. Teknik mancing di Malaysia ini konon sudah lama dipraktekkan, namun terbilang baru di Indonesia, setidaknya belum banyak yang tahu, sebelum dibagikan kepada anggota grup maniak mancing di facebook oleh Om Ukawa Punishersx dari Subang, Jawa barat.

Berikut cara memancing ikan tenggiri dengan menggunakan perangkap botol model Ukawa


Inti dari cara membuatnya adalah:

  • Ambil botol plastik dan memotongnya di bagian belakang / bawah, kemudian di bagian samping botol (nanti untuk bagian atas) ada lubang di dalamnya.
  • Pada setengah bagian botol yang berlubang, ditempatkan styrofoam atau sandal gabus bekas dalam ukuran yang cukup (lihat gambar) sebagai pelampung botol.
  • Pada bagian bawah diberi pemberat agar posisi botol horizontal dan pada sisi yang berlawanan terdapat garis tali yang diberi pelampung agar posisi tali tidak menutupi lubang botol.
  • Lubang kecil disarankan tidak terlalu banyak. Cukup di bagian bawah pelampung besar dengan jarak sekitar 1 – 3 cm untuk lubang kanan dan kiri. Pada bagian belakang hanya diberi 2 titik dan bagian yang dekat dengan tutup botol tidak diberi lubang. Jika lubangnya terlalu besar atau terlalu besar, umpan akan mudah ditangkap oleh Ikan Belanak dari samping.

Trik cara memancing Ikan Belanak di laut paling efektif

Umpan untuk menarik belanak masuk ke dalam botol bisa menggunakan adonan tepung yang kita masukkan melalui tutup botol. Sebelumnya botol diberi sedikit air dan sekitar 3 cm dari tutup botol diletakkan sekitar 1 sendok adonan tepung.


Untuk umpan juga disarankan menggunakan dua tepung yaitu dari beras sebagai pengganti tepung terigu karena lebih menggumpal. Namun menurut Om Ukawa mengaku banyak menggunakan umpan full tepung meski sering cepat habis karena tekstur tepung lebih kasar sehingga lebih mudah tumpah.

Intinya, ini untuk memasang jebakan ikan Ikan Belanak tapi gunakan reel dan joran seperti biasa. Untuk joran disarankan menggunakan joran yang agak kaku alias midle agar botol berisi ikan mudah terangkat segera setelah dipukul.

Menurut Om Ukawa Punishersx, memancing ikan Ikan Belanak paling diminati pada pagi dan sore hari, karena pada siang hari lebih banyak orang berlarian daripada tertarik mencari makan.

Cara memancing belanak menggunakan umpan roti

Trik cara memancing Ikan Belanak di laut

Ikan Ikan Belanak merupakan ikan laut tropis dan subtropis yang bentuknya hampir menyerupai bandeng. Belanak adalah ikan pelagis yang dapat ditemukan di air asin atau air payau di dekat air tawar. Cara mancing ikan Ikan Belanak ini dikenal cukup sulit, namun ada beberapa teknik mancing Ikan Belanak yang sangat populer akhir-akhir ini, seperti pancing botol yang sedang trend di daerah Cilacap atau mancing Ikan Belanak dengan menggunakan umpan roti.

Memancing ikan Belanak  dengan menggunakan umpan roti merupakan metode memancing khas yang digunakan oleh pemancing Arab Saudi saat memasuki musim panas yang mencapai 38 hingga 40 derajat celcius, saat musim ini tiba anda hampir bisa dijumpai di sepanjang garis pantai di jalan Masjid Hani Rifai andalus Jedah.

Atau dikenal dengan Toriq Malik, banyak nelayan yang mengantre, di antaranya ada sobat mancing dari Insane Fishing Club Saudi Arabia yang dibentuk beberapa waktu lalu.

Teknik penangkapan ikan belanak dilakukan dari pantai dimana pada saat kondisi air mendekati air pasang hingga mendekati air surut mulai pukul 08.00 hingga 11.00. Namun jika kondisi air sedang surut, ikan Ikan Belanak akan sangat sulit ditemukan di pantai atau muara.

Alat pancing tersebut menggunakan joran atau joran antena dengan panjang berkisar antara 3,5 meter hingga 4,5 meter tergantung kenyamanan masing-masing. Menggunakan rangkaian kail yang cukup banyak antara 10 dan 12 kail dengan bobot dibawahnya dan diatasnya diberi pelampung agar umpan tidak tenggelam dan mudah dikenali saat umpan mulai dipukul oleh Ikan Belanak.

Ada dua cara memasang umpan roti ke kail yang biasa disebut sebagai pemancing di Saudi yaitu:

– Samulin merupakan rangkaian pengait yang terdiri dari beberapa pengait yang dililitkan pada roti

Teknik memasang kail yang dililitkan di sanggul tanpa menggunakan pelampung

– Es sami, yaitu umpan roti yang di kaitkan satu persatu di kail.

Selain menggunakan umpan roti, cara mancing Ikan Belanak juga bisa menggunakan teknik garong dengan menggunakan kail yang banyak.

Cara mancing ikan Ikan Belanak kita mencari lokasi di pantai atau di dekat muara dimana jika melihat ikan Ikan Belanak berenang diatas permukaan air dengan ciri khas beriak air dan terlihat pergerakan ikan Ikan Belanak maka kita bisa menempatkan umpan yang sudah di tempelkan kail di depan arah ikan.

Ikan Belanak berenang, tunggu beberapa saat sampai anda melihat ikan Ikan Belanak mulai mengerumuni umpan kita, ketika anda melihat pelampung mulai bergerak ke kanan atau ke kiri, itu artinya ikan sudah memakan umpan kita, langsung saja pancing tersentak biasanya beberapa Ikan Belanak.

Sudah menangkap kail, atau bisa juga menggunakan sistem liar dimana kita memasang kail tanpa umpan pada posisi dimana ikan Ikan Belanak berada di permukaan air, kemudian kita sentakan pada waktu yang tepat.

Tidak ada salahnya jika kita menerapkan teknik memancing dari tempat lain di daerah kita, karena hal-hal baru akan semakin memperkaya wawasan kita, dan menambah seni memancing itu sendiri.

Trik cara memancing Ikan Belanak di laut

Cara unik memancing ikan Ikan Belanak dan umpan Ikan Belanak

Langsung saja kita mulai cara membuat umpan Ikan Belanak. Nah cara membuat umpan ikan tenggiri cukup mudah, hampir semua bahan tersedia di rumah anda. Berikut beberapa bahan dan cara membuat umpan untuk Ikan Belanak:

1. Umpan Ikan Belanak pertama

Bahan-bahannya adalah:

  • ¼ kg tepung terigu
  • Garam 5 sdm
  • 1 butir telur
  • Margarin 2 sdm
  • Esensi wewangian udang
  • Air hangat secukupnya (untuk mengaduk hingga umpan terasa halus dan pas)

Cara membuat umpan:

  • Masak margarin hingga meleleh
  • Larutkan garam dan esensi dengan ¼ air
  • Tambahkan telur, essen dan larutan garam ke dalam tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan tercampur rata
  • Kukus adonan umpan
  • Setelah dirasa matang, tekan umpan hingga semuanya hancur rata
  • Umpannya siap digunakan untuk mancing Ikan Belanak.

* Ukuran di atas dapat menghasilkan umpan lebih dari 1/2 kg.

2. Umpan Ikan Belanak kedua

Sediakan bahan-bahan berikut:

  • 1 ½ kg tepung terigu
  • ¼ minyak goreng
  • Mentega secukupnya
  • 1 sendok makan garam
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1 sachet susu kental putih
  • 2 gelas air

Cara membuat umpan Belanak kedua:

Campur semua bahan diatas, lalu aduk hingga pulen. Jika sudah pulen maka kukus selama 30-45 menit. Setelah terlihat matang, lalu aduk hingga semua bahan hancur dan tercampur rata.

3. Umpan Belanak ketiga

Cara yang satu ini sangat praktis, mudah dan simpel. Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk membuat umpan mullet, Anda bisa menggunakan roti tawar atau semacam roti sobek. Potong roti menjadi potongan-potongan kecil, kaitkan roti ke kail, dan umpan siap digunakan.

4. Umpan Belanak keempat

Gunakan lumut, bagi yang tidak ingin kesulitan mencampur umpan yang cukup panjang dan rumit bisa menggunakan umpan alami berupa lumut yang merupakan pakan alami dari ikan mullet itu sendiri. Cara memancing ikan nila dengan umpan lumut.

Carilah lumut yang masih segar, biasanya masih hijau, jangan gunakan lumut tua yang biasanya berwarna coklat. Agar lumut lebih tahan lama tambahkan sedikit garam.

Catatan:

Perlu diingat saat anda memancing ikan Belanak , usahakan untuk tidak merokok saat membuat umpan dan jangan makan jengkol atau petai terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan Belanak  merupakan jenis ikan yang sangat sensitif dalam memilih bau dan aroma umpan. Jadi jika bisa, hindari kedua hal tersebut agar umpan tidak tercampur dengan bau rokok atau jengkol dan pisang.

Trik Unik cara memancing Belanak dengan perangkap botol ala Ukawa

Wah, unik banget ini cara memancing Belanak  yang satu ini. Anda tidak perlu menggunakan pengait atau pengait, tetapi Anda cukup menggunakan botol plastik bekas dengan larutan penyegar atau botol minuman plastik lainnya.

Cara mancing di Malaysia ini konon sudah lama digunakan, namun terbilang baru di Indonesia, karena belum banyak yang tahu, sebelumnya dibagikan kepada anggota kelompok mancing mancing di Facebook oleh Om Ukawa Punishersx yang berasal dari Subang, Jawa Barat.

Cara membuat jebakan Belanak  botolan:

  • Carilah botol bekas larutan pengharum atau atau botol plastik (yang bentuknya hampir sama) lalu potong di bagian bawah / belakang, lalu buat lubang-lubang kecil di sisi-sisi botol plastik tersebut.
  • Pada bagian tengah botol yang berlubang ditempatkan busa atau gabus atau bisa juga menggunakan sendal bekas yang berukuran cukup (lihat gambar di atas) yang nantinya berfungsi sebagai pelampung untuk botol itu sendiri.
  • Pada bagian bawah (yang besar dan potong) diberi pemberat timah dengan maksud posisi botol vertikal atau horizontal dan pada sisi berlawanan dari garis tali yang diberi pelampung agar posisi senarnya. tidak menutupi lubang botol.

Cara membuat jebakan ikan – pemberat timah untuk jebakan

Usahakan lubang samping pada botol kecil dan tidak terlalu besar dan terlalu banyak. Cukup di bagian bawah pelampung besar dengan jarak sekitar 1 – 3 cm untuk lubang kiri dan kanan.

Pada bagian belakang hanya terdapat lubang dengan dua titik dan tidak diperlukan lubang pada bagian yang dekat dengan tutup botol. Karena jika lubangnya terlalu besar atau terlalu besar dikhawatirkan ikan mullet akan mudah memakan umpan dari samping lubang tersebut.

Cara membuat jebakan ikan – Terlalu banyak lubang menyebabkan Belanak memakan umpan dari samping

Umpan joran atau bom tenggiri untuk masuk ke dalam botol bisa digunakan dengan adonan tepung yang kita masukkan melalui bagian tutup botol. Sebelumnya botol diberi sedikit air dan sekitar 3 cm dari tutup botol sudah diberi 1-2 sendok umpan adonan tepung.

Untuk umpan tarik sebaiknya menggunakan tepung beras sebagai pengganti tepung terigu karena akan lebih menggumpal. Meski begitu, Agan Ukawa mengaku banyak menggunakan umpan full tepung meski sering pecah dan cepat hancur, habis karena tekstur tepung lebih kasar dan mengakibatkan mudah tumpah.

Sedikit tambahan untuk pemilihan joran, disarankan untuk menggunakan joran yang agak kaku alias medium atau midle, agar botol berisi ikan akan mudah dikeluarkan begitu ikan terjebak.

Umpan Ikan Menggunakan Botol Plastik ?? INI JALANnya !!!

Ikan belanak terkadang dijadikan umpan ikan predator di kolam atau muara dekat laut, dengan sasaran ikan kakap putih dan lain-lain. Ikan Belanak juga sering nongkrong bareng temen lain, jadi pancingnya sangat unik dan mudah, harga alat pancing Belanak menggunakan botol plastik juga sangat murah.

Ternyata di Surabaya dan sekitarnya sudah banyak yang menggunakan teknik ini, sering kita jumpai di Romokalisari, Bosem Wonorejo, Keputih, Medokan, Telaga Oso, Telaga Kalang Anyar Cemandi.

Cara memancing ikan Belanak menggunakan botol plastik

Intinya, menangkap ikan Belanak dengan menggunakan botol plastik dilakukan dengan menjadikan botol tersebut sebagai perangkap. Dan di dalam botol plastik harus ada umpan, untuk umpan biasanya menggunakan tepung, untuk mengatur botol plastik biasanya menggunakan pelampung di atas botol dan pemberat di bawah botol, agar botol lurus mendatar, itupun sesuai. sesuai selera pemancing.

Saat ikan belanak melihat umpan di dalam botol, ikan akan masuk ke dalam botol dan memakannya. Kadang yang masuk ke dalam jebakan botol plastik berisi 2 atau 3 ekor, ada juga yang 1 ekor sesuai ukuran ikannya. Karena lebar botol yang sempit dia tidak bisa berbalik untuk melarikan diri. Jadi kita tahu kalau mullet tidak ada yang bisa berenang kebelakang hehehe… Nah, tugas kita hanya mengangkat botol plastik yang sudah dimasuki ikan kembung. Sangat mudah kan …

Berikut alat dan bahan pembuatan perangkap ikan mullet dari botol plastik.

Alat dan bahan :

  • Botol plastik digunakan untuk larutan air mineral atau penyegar
  • Pemotong atau pisau
  • Kuku
  • Tali pancing
  • Sterofoam atau gabus, spon sandal bekas
  • Berat timbal
  • Tepung terigu sebagai umpan
  • Jangan lupakan air
  • Tongkat pancing

Cara membuat perangkap botol plastik untuk Belanak pancing:

  • Carilah botol plastik usahakan untuk menggunakan botol penyegar karena memiliki tubuh yang langsing dan panjang. Potong seluruh bagian belakang / bawah botol plastik. Bagian ini nantinya akan berfungsi sebagai pintu masuk perangkap.
  • Pukul 4 (empat) titik di bagian bawah botol. Kemudian masukkan tali pancing ke dalam lubang dan sambungkan. Untuk memudahkan kita dalam menarik dan mengangkat jebakan botol.
  • Pasang pelampung dari Styrofoam / gabus atau potongan spons licin di salah satu sisi botol. Kemudian letakkan juga pemberat pada sisi yang berlawanan, usahakan untuk menyeimbangkan pelampung dan pemberat agar jebakan botol bisa horizontal.
  • Buat lubang-lubang kecil pada botol, sehingga saat mengangkat korek api botol disarankan tidak terlalu banyak lubang. Cukup di bagian bawah pelampung dengan jarak sekitar 1 – 3 cm untuk lubang kanan dan kiri. Pada bagian belakang hanya diberi 2 titik dan bagian yang dekat dengan tutup botol tidak diberi lubang. Jika lubangnya terlalu besar atau terlalu besar, umpan akan mudah ditangkap oleh mullet dari samping

Untuk umpan pancing Belanak , Anda bisa menggunakan tepung terigu tanpa campuran apapun. Umpan tepung dimasukkan ke dalam botol tepat saat jebakan hendak dilempar ke area pemancingan.

Perintah memancing dengan botol ikan Belanak :

  • Ambil 1 sendok makan tepung terigu dan taruh di botol trap, lalu tambahkan sedikit air. Aduk-aduk agar campuran umpan tercampur rata, agar tidak terlalu banyak air
  • Lemparkan perangkap botol plastik ini ke titik-titik di area penangkapan ikan di mana belanak berkumpul. Berhati-hatilah saat melemparkannya agar tidak terlalu banyak umpan yang menyebar.
  • Perhatikan bahwa joran yang terhubung dengan botol plastik tersebut terasa bergetar, pertanda ada ikan yang terjebak di dalamnya. Segera angkat batangnya dan ambil mullet yang terperangkap di dalam botol plastik.

Sekian artikel tentang Trik cara memancing Ikan Belanak di laut paling efektif, dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *