Umpan Bawal Yang Susah Makan

Umpan untuk bawal yang susah makan, mungkin masih menjadi tanda tanya bagi beberapa dari anda. Ternyata memang benar adanya bukan hanya manusia yang bisa gak nafsu makan lo, hewan juga bisa. Salah satunya ikan bawal, jenis ikan yang termasuk ke dalam omnivora ini bisa memakan apapun tapi adakalanya mereka juga tidak mood makan.

Nah masalah seperti ini menjadi problematika sendiri untuk para pemancing. Bahkan bisa galau ketika memancing, sedangkan ikan bawal sedang tidak nafsu makan. Nah tidak perlu khawatir karena dalam ulasan kali ini kita akan mengupas tuntas bagaimana mengatasi permasalah tersebut dengan memberikan sedikit sentuhan di umpan bawal.

Karena si bawal tergolong ke hewan omnivora maka kita akan membahas bersama umpan alami dan daging yang bisa digunakan untuk menarik perhatian dan meningkatkan nafsu makan ikan bawal. Sebenarnya ada banyak hal yang terkadang kita tidak sadari bahkan tidak kita percaya akan terjadi pada saat itu. Pasti setelah mengetahui dan membaca informasi dalam artikel kali ini, anda akan berkata “ Oh, ternyata hanya begitu to.” Anda pasti semakin penasaran kan, yuk simak bersama-sama. Berikut ini umpan bawal yang tidak mau makan :

Umpan Yang Terbuat Dari Daging

Untuk yang pertama kita akan bahas dulu umpan dan racikan berupa daging untuk menaklukan ikan bawal yang kurang nafsu makan.

1. Umpan Ati ayam

Untuk umpan yang satu ini mungkin masih jarang ditelinga anda. Ternyata bawal suka lo dengan ati ayam. Nah caranya juga sangat mudah, tinggal goreng ati ayam tersebut tapi jangan terlalu garing lo ya. Kemudian potong-potong kecil ati tersebut. Jangan terlalu besar tidak boleh menutupi mata pancing anda.

2. Umpan Ulat hongkong

Ulat satu ini sudah banyak di pasaran atau di toko-toko pancing. Ulat hongkong ini sangat diminati oleh bawal. Bawal menyukai ulat ini karena teksturnya yang empuk dan lezat bagi ikan bawal. Tidak perlu susah atau ribet karena ulat hongkong ini tidak perlu campuran, cukup kaitkan di mata pancing dan memancinglah.

3. Umpan Belut

Untuk yang selanjutnya yakni belut, ternyata belut juga disukai lo oleh bawal. Caranya juga mudah tinggal potong kecil-kecil belut tersebut pada kail pancing anda. Belut ini memiliki rasa yang enak bagi kita manusia, namun bagi bawal juga makanan favorit.

4. Umpan Bekicot

Alternative lain untuk umpan bawal adalah bekicot. Nah untuk yang satu ini tidak perlu mengeluarkan uang enaknya. Karena kita tinggal cari di sawah atau di pinggir sungai. Tekstur lembutnya membuat bawal menyukainya.

5. Umpan Jangkrik

Jangkrik ternyata juga bisa lho menjadi salah satu pilihan untuk umpan bawal yang lagi gak nafsu makan. Kalua di dunia manusia daging jangkrik bisa kriuk. Nah ini yang dicari bawal, selain enak jangkrik juga mengandung nutrisi baik bagi bawal.

6. Umpan Jangkrik

Udang juga bisa lho sebagai umpan bawal. Aroma yang khas dan amisnya itu membuat bawal girang dan ingin segara makan. Yang awalnya tidak nafsu makan, bawal akan menjadi lahap jika diberi umpan udang.

Umpan Dari Tumbuhan / buah

Untuk tumbuhan kita akan focus pada buah-buahan dulu ya. Yang perlu kita ketahui bahwasannya kita bisa gunakan daging maupun kulit buahnya. Adapun buah-buahan yang di rekomendasikan untuk ikan bawal yang susah makan, antara lain.

1. Umpan Buah pisang

Siapa di sini yang tidak suka pisang. Selain enak bauh ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dan hal ini juga menjadikan pisang bisa digunakan untuk memancing bawal. Aroma yang enak dan tekstur empuk membuat bawal sangat suka dengan buah pisang.

2. Umpan Buah talok

Bagi yang masih asing dengan buah talok, buah ini bentuknya hamper sama seperti ceri. Nah buah ini menjadi salah satu favorit bagi ikan bawal. Jika anda ingin menggunakannya, caranya sangatlah mudah. Pertama cari buah talok yang masak, kemudian pencet hingga keluar cairan dari dalamnya. Nah campur dengan palet atau umpan yang anda bawa. Aroma segar dan enak dari talok ini yang akan membuat bawal menggigit umpan kita.

3. Umpan Buah melinjo

Untuk melinjo jangan pakai dagingnya, tapi pakailah kulit melinjonya. Ingat bukan cangkangnya ya kulitnya. Kalua cangkang siapapun gak mau makan lah, termasuk ikan bawal. Kulit melinjo dipercayai bisa menarik perhatian ikan bawal, karena tekstur dan rasanya yang khas membuat bawal suka melinjo.

4. Umpan Buah jambu

Untuk buah jambu yang bisa digunakan untuk umpan bawal hanya jambu biji yang berwarna merah. Yang dipakai bukan dagingnya tapi isi jambu tersebut. Jadi dagingnya kita makan isinya kita buat mincing.

5. Umpan Buah markisa

Hampir sama dengan jambu biji. Untuk markisa yang digunakan hanya isinya saja dan tentunya mmebutuhkan campuran seperti palet, sulur dan lainnya untuk campurannya. Sensasi asamnya akan membuat ikan bawal tergugah selera maknnya.

6. Umpan Buah papaya

Nah yang terakhir adalah buah papaya. Buah yang memiliki rasa manis dan memiliki banyak vitamin A tinggi. Ternyata kemanisan buah ini menjadi daya Tarik tersendiri bagi ikan bawal. Dijamin ikan bawal yang awalnya tidak nafsu makan, pasti akan nafsu dan menggigit umpan anda.

Dalam dunia memancing memang kita diwajibkan mementingkan control hati, dimana kita harus sabar, telaten dan kreatif. Bayangkan saja ketika seorang pemancing tidak berusaha memiliki 3 keahlian tersebut, maka mereka akan kesulitan menghadapi permasalahan di dunia pancing ini, salah satunya yang sudah kita bahas di atas. Ketika ikan bawal susah makan atau tidak nafsu maka anda bisa mencoba menerapkan umpan-umpan di atas.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *