Umpan Ikan Gabus Sederhana Tapi Jitu

Umpan Ikan Gabus Sederhana Tapi Jitu

Umpan Ikan Gabus yang sangat sederhana dan dapat di jumpai di manapun namun jitu banget jika digunakan. Seperti yang sudah kita bahas dalam artikel sebelumnya, Ikan Gabus merupakan salah satu predator air tawar yang biasa hidup di rawa-rawa, sungai, waduk dan lainnya.

Banyak pemancing yang tertarik dan suka akan ikan gabus karena selain dagingnya yang enak tentu manfaatnya juga luar biasa.

Umpan Ikan Gabus - Umpan Ikan Gabus Sederhana Tapi Jitu

Salah satu faktor yang bisa menjadikan berhasil atau tidaknya memancing ikan gabus adalah kehadiran umpan. Ketepatan dalam memilih umpan akan menjadi penentu hasil pancingan anda.

Ada beberapa Umpan Ikan Gabus yang manjur dan terbukti berhasil guna memancing ikan gabus. Dalam kesempatan kali ini kita akan bersama-sama membahasnya.

  • Cacing Tanah

Umpan yang tak kalah familiar di kalangan pemancing adalah cacing tanah. Umpan ini memiliki beberapa keunggulan, seperti mudah di dapat. Kita bisa cari di tanah deket rumah kita, bisa juga di tanah swah dan lainnya.

Di samping itu cacing tanah juga memiliki bentuk dan tekstur yang disukai banyak ikan termasuk ikan gabus.

Jika kita beruntung maka bukan hanya ikan gabus yang bisa menyambar umpan cacing kita. Karena cacing memiliki aroma asin yang menyengat dan ini adalah kesukaan ikan predator air tawar termasuk ikan gabus ini.

Cara pasangnya juga mudah yang penting harus ada bagian yang bisa berkogel kogel supaya menarik perhatian ikan gabus.

  • Belalang

Belelang merupakan salah satu makanan yang digemari oleh para predator air tawar. Sensasi kres-kresnya membuat ikan gabus tertarik untuk memakannya.

Untuk umpan yg satu ini sangat mudah digunakan, tinggal menghilangkan bagian-bagian yang berduri seperti di kakinya dan bagian lainnya.

Selain itu ada dua cara menggunakan umpan ini, bisa menggunakan belalang saja dan bisa menggunakan campuran lainnya untuk menambah sensasi belalang misal pelet atau essen. Intinya sesuaikan dengan kondisi memancing saat itu.

  • Jangkrik

Serangga jenis lain selain belalang yang bisa digunakan sebagai umpan ikan gabus adalah jangkrik.

Sama halnya dengan kroto yang jadi makanan favorit burung sekaligus ikan predator air tawar, begitu juga dengan jangkrik ini. Bukan hanya burung yang doyan, ikan gabuspun lebih rakus kalau diberi makan jangkrik.

Nah yang perlu diungat dan tak bosan kami mengingatkan, ketika ingin menggunajan jangkrik maka anda harus pastikan jangkrik dalam kondisi bersih dan aman dari srungut dan kakinya yang agak tajam.

Jika anda tidak mempedulikan ini, maka kasihan ikan yang memakan umpan kita, pasti akan merasakan sobekan dan perih pada mulutnya karena terkena serabut kaki jangkrik yang tajam.

  • Ikan kecil

Umpan lain yang bisa kita gunakan adalah ikan kecil. Ikan kecil sejenis anakan ikan mas atau wader. Tapi lebih enak wader aja karena bisa didapatkan secara cuma-cuma. Nah khusus untuk umpan ikan wader ini usahakan tetap hidup ya jangan dimatiin.

Karena gerakan naturalnya akan menarik perhatian ikan, termasuk ikan gabus.Ikan wader memiliki kelebihan dibandingkan dengan umpan lainnya adalah aroma amis alami dari wader yang masih hidup akan menarik perhatian si gabus.

  • Katak kecil

Katak kecil bisa jadi alternatif untuk umpan ikan gabus. Umpan ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun jangan khawatir umpan ini jadi salah satu yang paling efektif untuk mendapatkan ikan gabus.

Kelebihan dari umpan katak kecil ini adalah selain mudah didapat karakteristik dan tekstur dari katak akan membuat ikan gabus tertarik dan berebut memakannya.

Namun di sisi lain umpan katak memiliki kelemhan yakni boros. Karena ketika mancing kita harus menggunakan katak kecil utuh dan masih hidup. Nah jika seperti ini maka kita harus menyiapkan katak kecil banyak.

  • Ulat daun pisang

Ulat yang anda temui di daun pisang ternyata bisa lo digunakan untuk memancing lo. Ulat ini bisa digunakan untuk memancing ikan gabus. Bentuk dan tekstur ulat ini pasti akan menarik perhatian dan menambah nafsu makan ikan gabus.

  • Kroto

Kroto yang kita kenal dengan makanan lezat untuk burung. Ternyata juga berlaku ke ikan lo, termasuk ikan gabus. Jika anda menginginkan memancing gabus bisa gunakan senjata ini, dijamin ampuh. Renyahnya kroto membuat ikan gabus tertarik untuk memakannya.

Anda bisa gunakan kroto yang masih utuh. Jika tidak ada dan terpaksa anda bisa mencampurnya dengan pelet supaya tidak berantakan dan rusak ketika masuk air.

  • Udang

Siapa sih yang gak mau udang, siapa sih yang gak tertarik sama kelezatan udang. Nah ternyata bukan hanya kita sebagai manusia yang suka udang. Namun ikan gabuspun juga salah satu penggemar berat udang lo. Hal ini jadi alasan penting kenapa udang bisa dijadikan umpan memancing ikan gabus.

Caranya sangatlah mudah, tiggal bersihkan kulit luar udang dan srungutnya yang tajam. Kemudian tinggal tancapkan di kail anda. Sensai amis yang berpadu lezat ini akan membuat ikan gabus terhipnotis dan memakan umpan kita.

  • Keong

Koeng juga merupakan salah satu makanan favorit ikan gabus lo. Kelembapan dan amis nya koeng inilah yang menjadikan ikan gabus tertarik.

Anda tinggal pergi ke pinggiran sungai atau sawah pasti ada keong berjejer. Anda tinggal mengambilnya dan memisahkan cangkang dan isinya. Gunakan isi keong itu untuk memancing ikan gabus.

Begitu banyak umpan alami yang bisa kita gunakan untuk memancing ikan gabus. Umpan-umpan tersebut merupakan umpan yang manjur dan jitu serta tidak menyulitkan para pemancing.

Hal ini dikarenakan memang kita tidak perlu merogoh kocek dalam bahkan bisa dibilang gratis kalau kita mau mencarinya.

Berhasil atau tidaknya kita memancing memang tergantung pada ketepatan penggunaan umpan. Memang semua umpan yang di atas bisa digunakan, namun juga ada faktor penting yaitu kecocokannya dengan kondisi.

Dan yang tak kalah penting adalah buatlah anda senyaman mungkin saat memancing. Jadi cari Umpan Ikan Gabus yang mudah didapat dan tidak ribet. Di web ini juga kami sudah menuliskan mengenai Umpan Ikan Nila Yang Ampuh Tiada Banding jadi silahkan di search aja ya.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *