Umpan Ikan Lele Rahasia Para Pemancing

Umpan Ikan Lele

Umpan Ikan Lele Gampang Gampang susah sih buatnya, tapi kalau tidak sesuai si Lele tentu umpan kita tidak akan di hampiri. Ikan Lele merupakan ikan yang memiliki gerakan paling gesit dan tak jarang banyak para pemancing sulit untuk mendapatkan ikan yang satu ini meski sudah menggunakan umpan sekalipun .

Umpan Ikan Lele

Banyak orang yang membudiyakan Ikan Lele karena memiliki banyak sumber protein untuk dikonsumsi, sehingga banyak yang ingin memancingnya dengan membuat Umpan Ikan Lele Yang Tokcer .

Ikan lele merupakan ikan nokturnal yang dicirikan dengan memiliki kumis atau istilahnya patil dan melakukan pencarian makanan pada malam hari dan di siang hari lebih berdiam diri di tempat yang teduh dan gelap .

Untuk kamu yang hobi mancing , nah kamu bisa mempraktekkan hal-hal berikut untuk membuat Umpan Ikan Yang manjur dan bisa membuat kamu mudah untuk menangkap ikan yang satu ini  .

Berbicara mengenai umpan ikan lele , dalam bagian ini akan di buat beberapa jenis dari racikan yang umum dipakai dan bagus buat dipraktekkan. Silahkan simak dengan baik dan perhatikan bahan dan cara pembuatannya :

Umpan Ikan Lele

Racikan 1 Umpan Lele (Umpan Hewani)

Pada bagian berikut dicantumkan beberapa bahan buat umpan lele dari hewan yaitu :

  1. Belut (untuk membuatnya, bisa kamu goring atau pepes kemudian potong kecil-kecil)
  2. Udang Segar (hanya membuang bagian kepala serta ekor)
  3. Jangkrik (perutnya ditekan supaya berbau)
  4. Ulat daun pisang yang sudag kuning atau hijau.
  5. Laron
  6. Semua jenis cacing tanah
  7. Ikan Teri
  8. Daging bekicot
  9. Keong mas yang diambil dagingnya Racikan cacing sutra untuk Umpan Ikan Lele

Racikan 2

  1. 1 Genggam cacing sutera
  2. 1/2 sendok teh vanili
  3. 1 telor bebek
  4. 1/2 sendok teh bubuk Garlic
  5. 1 pelet udang
  6. Campurkan semua bahan hingga merata

Racikan  3

Siapkan bahan yang diperlukan, yaitu ;

  1. Pelet udang
  2. Kuning telur
  3. Terasi
  4. Bawang putih
  5. Madu
  6. Ati ayam
  7. Air hangat secukpunya

Untuk membuatnya, rebus hati ayam sampai matang. Lalu hancurkan hingga lembut, campur semua bahan , dan aduk sampai rata agar  mengental. Buat bentuk umpan lele seukuran mata pancing.

Racikan 4

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  1. Telur yang diambil kuningnya
  2. Terasi
  3. Tepung ikan teri
  4. Tepung udang
  5. Air secukupnya
  6. Bawang putih
  7. Pelet PF 1000 + 781-2 SP

Umpan Sederhana Untuk Ikan Lele

Ikan lele menjadi salah satu ikan pujaan bagi para pemancing. Karena ikan lele sangat rakus perihal memakan umpan. Memang ikan lele terkenal dengan ikan yang terima apa adanya.

Mau dikasih makanan apa, pasti mereka mau. Ini dia yang menyebabkan banyak pemancing yang memilih untuk memancingnya.

Ikan lele sebenarnya masuk ke dalam ikan predator yang sangat suka makan daging, namun seperti yang kami bilang tadi, lele menjadi ikan omnivora jika dalam keadaan lapar.

Nah meskipun begitu bukan berarti anda akan mudah dalam memancing ikan lele atau bisa pakai umpan apapun untuk lele.

Dalam kesempatan kali ini kita akan bersama-sama memberikan rekomendasi umpan yang cocok dan manjur untuk mancing ikan lele.

  • Orong-orong

Orong-ororng menjadi salah satu makanan favorit ikan lele. Anda bisa buktikan keampuhan orong-orong. Hanya saja bagi beberapa pemancing yang tidak suka ribet mending jangan pakai umpan ini.

Karena kita harus mencarinya terlebih dahulu di kawasan pinggiran sawah. Jika anda mau mnggunakan umpan ini. Caranya sangat mudah, tinggal kaitkan orong-orong di kail pancing anda.

  • Belut

Belut menjadi pilihan lain untuk umpan pancing anda. Belut memiliki tekstur yang lembut dan aroma asinnya sangat disukai oleh ikan lele.

READ  Umpan Ikan Baung Sungai Paling Ampuh

Ingat jika ingin menggunakan belut untuk umpan silahkan ambil dagingnya saja. Dan yang tak kalah penting untuk umpan belut ini ada 3 cara yang bisa anda lakukan.

Pertama, belut yang masih fresh tinggal memotongnya dengan ukuran kecil agar bisa dikaitkan dengan kail pancing.

Kedua, dengan cara dikukus, cara ini yang dianggap paling manjur untuk menarik perhatian dari si lele. Cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan menggorengnya. Cukup setengah matang ya jangan terlalu matang.

  • Cacing merah

Cacing merah atau yangs ering disebut dengan cacing laut. Cacing ini terbukti mampu menarik perhatian lele. Nah untuk cacing merah, kalian bisa gunakan campuran telur bebek.

Cukup ambil yang kuningnya saja, siapkan wadah untuk mengocok kuning telur tadi dan celupkan cacing merahnya ke dalamnya.

Hal ini bertujuan untuk memberikan aroma dan sensasi amis. Sehingga akan mudah menarik perhatian si lele. Nah usahakan dalam 1 kailnya ada 2 atau 3 cacing ya supaya lebih menarik si lele.

  • Ulat Hongkong

Untuk umpan ulat hongkong ini susah susah gampang untuk mendapatkan ikan lele. Ketika cocok ikan lele akan sangat mudah menggigit dan memakan umpan kita.

Namun ketika dalam kondisi yang tidak baik maka lele akan sulit memakan umpan ulat hongkong ini.

Untuk umpan ini anda bisa mendapatkannya di toko pakan burung. Caranya sangat mudah, tinggal rendam ulat hongkong di dalam kuning telur selama beberapa menit.

  • Usus ayam

Usus ayam juga menjadi primadona umpan untuk lele lo. Usus ayam memiliki tekstur kenyal dan rasanya juga enak. Jika anda ingin gunakan umpan ini, maka anda harus membersihkannya terlebih dahulu dan kemudian di kukus.

Setelah itu di hancurkan dan dicampur dengan pelet dan essen rasa udang untuk menambah sensasi amis yang sangat disukai oleh lele.

  • Jangkrik

Salah satu hewan kecil yang bisa anda gunakan untuk memancing ikan lele. Aroma khas dari jangkrik membuat ikan lele tertarik dengan umpan tersebut. Yang perlu diingat ketika ingin menggunakan umpan jangkrik.

Terlebih dahulu kita harus membersihkan kaki, srungutnya supaya tidak membahayakan ikan. Sama halnya ketika ingin memberikan jangkrik ke burung.

Nah trik rahasia dalam penggunaan umpan jangkrik ini adalah sebelum melemparkannya ke air, terlebih dahulu pencet bagian perut jangkrik agar keluar cairannya.

Nah cairan itulah yang menberi aroma khas yang membuat lele pasti ingin memakannya.

  • Daging ayam

Untuk yang satu ini memang terlihat berlebihan tapi memang benar adanya bahwa ikan lele sangat suka di kasih makan daging ayam. Anda bisa manfaatkan ini, tidak perlu mahal.

Silahkan beli daging ayam ke pasar. Yang bagus gunakan untuk memasak dan sisahkan bagian-bagian yang tidak terlalu penting seperti kulit ayam, brutu dan lainnya. Ikan lele sangat bergairah dan rakus ketika diberikan daging ayam

Itu tadi beberapa umpan recomended untuk mancing ikan lele. Memang terkadang mancing ikan lele dianggap mudah sekali, sampai-sampai kadang pakai bijipun bisa jadi.

Namun yang perlu digaris bawahi adalah meskipun mudah namun mancing lele sangat berpengaruh pada tiga hal diantaranya ketepatan umpan. Umpan memang menjadi salah satu elemen penting dalam keberhasilan memancing.

Nah mungkin itu aja beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membuat umpan pancing ikan lele dan selamat mencoba . Jika Anda Ingin Memancing Ikan Gabus Anda Juga Bisa Membaca Tentang Umpan Ikan Gabus di Web Ini.

Facebook Comments

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *