Umpan Ikan Mas Kolam

Umpan ikan mas kolam merupakan salah satu wujud variasi dalam hal memancing. Seperti yang kita ketahui, tidak semua umpan bisa digunakan disetiap situasi. Kita harus pintar menyesuaikan umpan dengan kondisi yang kita alami saat memancing.

Kita harus menyesuaikan umpan dengan ikan apa yang kita pancing dan dimana kita memancing. Dalam kesempatan kali ini kita akan bersama membahas umpan ikan mas kolam.

Dimana kita memancing di kolam. Tentu hal ini susah susah gampang, ketika banyak orang atau pemilik kolam sudah memberi makan maka susah untuk memakan umpan kita. Nah di sisi lain ketika belum ada yang kasih makan, maka kita akan semakin mudah mendapatkan ikan mas.

Umpan Ikan Mas Kolam

Di bawah ini akan kita berikan rekomendasi umpan jitu untuk mancing ikan mas di kolam. Ada banyak sebenarnya umpan yang bisa kita gunakan, namun jika mancing ikan mas di kolam sebaiknya kita menggunakan umpan racikan sendiri, karena ikan mas kolam cenderung mendapatkan makanan dari orang-orang yang lewat dengan makana apa adanya.

Jadi lebih baiknya gunakan umpan racikan sendiri. Yuk kita simak bersama penjelasan beberapa umpan ikan mas kolam yang recomended.

  • Campuran kroto, susu dan tepung

Tak heran jika banyak pemacing menggunakan kroto sebagai bahan pancing mereka. Kroto memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak ikan suka terhadapnya, termasuk ikan mas di kolam.

Nah untuk umpan campuran ini anda bisa campurkan kroto, susu dan tepung. Ingat susu yang digunakan susu bubuk ya bisa merk apa aja, tapi yang sering digunakan dancow. Selanjutnya untuk tepung bisa yang murah atau yang mahal seperti cakra, segitiga dan lainnya.

Setelah semua tercampur, anda bisa tambahkan sedikit saja air supaya lebih enak dan mudaj untuk mencampurkannya. Setelah tercampur silahkan kukus beberapa menit dan dinginkan.

Dan umpan pun siap digunakan. Ingat sebelum menggunakan umpan ini, cek.lah terlebih dahulu tingkat kekuatan dan kekenyalan campuran ini. Dengan tujuan tidak sampai hancur saat di air.

  • Campuran jagung dan kuning telor ayam

Nah campuran berikutnya yang bisa digunakan untuk memancing ikan mas kolam adalah dengan campuran jagung dan kuning telor ayam. Nah seperti campuran lainnya yang berisikan nabati dan hewani.

Campuran ini memiliki aroma khas dan tekstur yang enak sehingga ikan akan tertarik. Kesegaran dari jagung dan aroma asin kuning telor akan menjadikan ikan mas terlena untuk memakan umpan kita.

Caranya sangatlah mudah, tinggal hancur dan haluskan jagung dan campurkan dengan kuning telor ayam dan aduk secara merata. Selanjutnya anda bisa kukus campuran ini dengan tujuan umpan memilik ketahanan dan tekstur yang kuat di dalam air.

Umpan Ikan Mas Kolam

  • Perpaduan tongkol dan nissin crecker

Umpan ampuh untuk ikan mas kolam adalah campuran antara tongkol dan nissin cracker. Campuran ini masih menyisahkan pertanyaan pada benak kita. Kenapa kok ikan makan ikan dan ikan makan biskuit.

READ  Umpan Ikan Mas Jitu Di Jamin Nyentak Terus

Nah jawabannya adalah alasan memakai tongkol adalah aroma khas yang mereka miliki akan menarik perhatian ikan mas.

Lantas kenapa pakai nissin cracker, jangankan ikan kita saja suka kalau makan biskuit ini. Tujuan digunakannya biskuit ini adalah guna menambah aroma dan kegurihan yang mana akan sangat disukai oleh ikan mas kolam.

Caranya pun mudah halus dan campurkan kedua bahan tersebut dan campur secara merata kemudian kukuslah bebeapa menit.

  • Campuran kroto, putih telor dan daun pandan

Umpan selanjutnya kita bisa gunakan kroto lagi, namun dengan campuran yang berbeda. Tak bisa dipungkiri lagi bahwasannya kroto menjadi idaman dan favorit ikan tawar termasuk ikan mas yang ada di kolam.

Campuran untuk umpan ini adalah putih telor dan daun pandan. Jika biasanya kita gunakan kuning telor sekarang anda harus gunakan putih telornya.

Caranya sangat mudah tinggal campurkan kroto dan telor putihnya aduk samapi rata. Kemudian tambahkan daun pandan yang sudah di haluskan atau di ekstrasi menajdi bubuk atau cair.

Seperti yang kita ketahui bahwasannya daun pandan memiliki aroma khas dan wangi yang membuat ikan mas akan tertarik memakan umpan kita.

  • Campuran sarden, biji nangka dan rechese nabati keju

Campuran selanjutnya adalah sarden, biji nangka dan rechese. Tentu sebagian dari anda masih bertanya-tanya tentang campuran ini.

Sarden memiliki aroma sedap dan amisnya ikan, kemudian biji nangka juga punya rasa khas serta teksturnya. Dan tak lupa tambahkan wafer rechese yang sudah di haluskan.

Cara untuk membuat umpan ini sangat mudah, tinggal campurkan sarden, biji nangka yang sudah di kupas dan dikukus. Setalah itu bisa anda tambahkan wafernya dengan tujuan memberi tujuan bagi yang lain.

Mungkin bagi sebagian orang atau pemancing apalagi yang pemula pasti menganggap hal ini aneh. Kenapa campuran seperti itu bisa menjadi umpan jitu.

Perlu diketahui bahwasannya rata-rata ikan air tawar merupakan ikan jenis omnivora yang bisa makan segalanya. Jadi tidak heran jika racikannya merupakan campuran dari hewani dan nabati.

Serta terkadang menggunakan snack atau jajanan anak sebenarnya bertujuan untuk menambah rasa serta aroma racikan umpan tersebut. Nah beberapa umpan yang sudah disebutkan di atas merupakan hasil eksperimen yang sudah dicoba dan hasilnya memang luar biasa.

Mungkin nanti atau kapan diantara kita ada yang bisa eksperimen sendiri tentang umpan ikan mas kolam bisa dishare dengan yang lainnya. Yang terpenting ketika ingin eksperimen adalah kadar dan perbandingan campuran tidak boleh ngawur dan harus ada pedoman terlebih dahulu.

Facebook Comments

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *