Umpan Kangkung Mancing Nila Babon Dahsyat Bro

Sayur kangkung pedas enak di makan. Tapi tahukah daun kangkung bisa di jadikan umpan mancing,  ikan nila?.  Ikan nila liar hidup di sungai danau dan rawa-rawa, suka sekali makan lumut, akan tetapi ikan nila besar juga menyukai rumput, daun sawi dan kangkung.

Umpan Kangkung Mancing Nila Babon Dahsyat Bro

Tumbuhan kangkung dan spot mancing

Kita mengenal 2 jenis kangkung menurut tempat tumbuhnya:

  1. Kangkung darat. Mempunyai ciri-ciri  batangnya  kecil serta berwarna putih kehijauan, daunnya lebih tidak tebal dan lunak, apabila dimasak lebih cepat layu/masak, serta mempunyai bunga yg berwarna putih bersih. Sesuai dengan namanya dia bisa tumbuh di lahan yang kering, dan hanya perlu sedikit air.
  2. Kangkung air . Tumbuh di daerah basah seperti parit, kolam atau genangan sawah. Ciri-ciri batang membesar dari pangkalnya , berwarna hijau lebih gelap, daunnya lebih lebar serta sedikit keras, lebih lama layu bila dimasak serta mempunyai bunga yg berwarna putih kemerahan.

Cara trik dan teknik mancing umpan kangkung

Memancing dengan umpan kangkung sangatlah mudah, jika kita tahu cara trik dan tekniknya. Tidak seperti umpan lumut, memakai umpan ini ada bebrapa hal yang harus di ketahui, supaya efektif dan tidak boncos yang menjengkelkan.

Rangkain mata kail

Mengunakan rangkaian ombyok, dengan jumlah mata kail di sesuaikan dengan lebar daun kangkung, mata kail no 4,0 – 8,0 atau sesuai besar kecilnya ikan target, untuk target nila babon sebaiknya memakai senar pe no 0,1 – 0,15 sebagai leader, sebab hentakan ikan nila  besar ketika makan umpan sanggup memutuskan senar biasa, senar berdiameter besar memang kuat, tapi kaku dan sangat kentara.

Umpan Kangkung Mancing Nila Babon Dahsyat Bro

Rangkaian mata kail

Memilih daun kangkung

Pilihlah daun kangkung yang lebar hijau dan tidak cacat, mempunyai batang kangkung yang kuat tidak layu, ujung daun cantik dan tidak koyak.

Kita mulai

Tancapkan mata kail rangkain ombyok di ujung daun, jangan sampai koyak. Jepit pangkal batang kangkung dengan timbal lipat, atau ikat dengan tali plastic. Ikatkan ujung senar leader ke senar utama, lengkapi dengan swifel atau kili-kili, pemberat dan kambangan atau pelampung. Teknik mancing kambangan lebih efektif untuk mancing ikan nila dengan umpan ini. Jarak unjung kangkung dengan pelampung atau kambangan 10-20 cm, tergantung tingkat kejernihan air.

Umpan Kangkung Mancing Nila Babon Dahsyat Bro

Memangil ikan/Bom ikan

Seterusnya

Sebelum melempar kail, sebaiknya bikin bom ikan dulu, ikat bebrapa helai kangkung di ujung galah, tancapkan pangkal galah di pinggir sungai dan biarkan helai-helai kangkung menyentuh air, taruh umpan daun kangkung di dekat bom ikan tadi. Selamat mencoba dan semoga artikel dengan judul, Umpan Kangkung Mancing Nila Babon Dahsyat Bro, bermanfaat.

Nb

Baca: Sayuran umpan mancing

 Umpan rumput atau suket

Mancing nila liar di sungai

 Jenis-jenis umpan ikan nila

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *