Umpan Kecere Atau Cere, Jadul Masih Ampuh Buat Mancing

Umpan Kecere Atau Cere,  Jadul Masih Ampuh Buat Mancing –  Umpan mancing andalan jaman kecil dulu Cuma ada dua kecere /cere dan cacing. Pemancing di jaman sekarang memilih memakai umpan racikan yang mahal dan ribet, bagi yang nggak tahu apa sih cere/kecere? Sejenis binatang mirip kecoa, akan tetapi dia hidup di tanah berdebu yang sedikit lembab.

Pernah sempat menghilang dan tidak ada yang memakai umpan ini, akan tetapi sekarang ada yang menjualnya di toko pancing, mungkin cere hasil budidaya, sebab hampir semua lantai rumah jaman sekarang di pasang keramik, sehingga kecere yang biasa hidup di lantai tanah berdebu hampir mustahil di temui.

Umpan Kecere Atau Cere, Jadul Masih Ampuh Buat Mancing

Umpan Ke cere

Umpan ampuh dan jitu untuk berbagai jenis ikan

Mungkin rasa dan aromanya sangat lezat bagi ikan, sehingga umpan cere atau kecere mengalahkan hampir semua jenis umpan, lalu ikan apa saja yang bisa di pancing dengan umpan jadul ini?

Mancing wader/bader/tawes

Memancing jenis ikan ini susah-susah mudah, karena mau memakan umpan apa saja seihingga di anggap mudah, akan tetapi selera makannya yang berubah-ubah maka memancing ikan ini jadi sedikit susah, dari mulai lumut segar sampai lumut busuk, umpan racikan, cacing dll.

Warna air kopi susu sedikit bening dan agak kecoklatan, adalah kondisi air yang pas buat mancing umpan cere atau kecere, kita bisa memkai teknik kambangan dan teknik dasaran, itu pilihan anda tentunya dengan melihat arus air dan lebar sungai.

Pilih cere yang masih muda dengan warna coklat terang, rangkaian tunggal denagan mata kail no 3,0-7,0 memakai senar no 0,13-0,15 untuk teknik kambangan, dan no 0,20-0,22 untuk teknik kambangan.

Umpan Kecere Atau Cere, Jadul Masih Ampuh Buat Mancing

Mancing ikan gabus

1. Di sungai

Ikan gabus menyukai tempat yang sedikit dangkal di sisi terdalam,  dengan arus sungai yang tenang, memancing ikan ini kita harus tenang sebab dia sedikit pemalu dalam melahap umpan, kita bisa memkai teknik kambangan dengan rangkaian tunggal mata kail no 5,0-9,0. Senar pakai no 0,15-0,18 pilih cere atau kecere yang besar agak kehitaman.

2. Sawah dan rawa-rawa

Berbeda sedikit dengan mancing gabus di sungai, memancing di sawah dan di rawa paling gampang pakai teknik ntrajak atau panjeran orang luar jawa bilang najur. Joran bambu dengan panjang 50 cm, ukuran senar no 2,0 panjang menyesuaiakan, rangkaian tunggal mata kail no 0,8-0,12. Pilih umpan cere atau kecere yang besar dan kehitaman, pasang umpan di spot mancing, tancapkan joran bambu dan tinggal semalaman. Pemancing biasnya memasang lebih dari satu joran pancing di spot yang berbeda-beda.

Baca: Mancing ikan gabus terbukti ampuh

Mancing ikan lele

Memancing ikan lele hampir sama sengan mancing ikan wader atau tawes, yang membedakan adalah spot mancingnya, ikan lele menyukai tempat berarus tenang dan air yang sedikit keruh. Di tebing-tebing sungai yang berongga merupakan ciri-ciri sarangnya.

Kita bisa memakai umpan cere atau kecere yang besar kehitaman, dengan rangkaian mata kail tunggal no 5,0-9,0 dan ukuran senar 0,15-0,19 untuk teknik kambangan, waktu yang tepat adalah padi dan sore hari,, sehabis hujan di percaya ikan lele banyak yang keluar sarang, maka jangan lupakan kesempatan ini.

Baca: Mancing lele lokal dan lele kolam

Mancing betok dan sepat

Air yang sedikit bening dan tenang tidak berarus, kondisi air yang bagus untuk memancing ikan ini. pilih umpan cere atau kecere muda yang berwarna coklat cerah dan nggak terlalu besar, memakai rangkaian tunggal mata kail no 2,0-4,0 untuk mancing betok, mata kail no 0,9-2,0 untuk mancing sepat. Senar bisa memakai no 0,8-0,12 memakai joran tegek.

Cobalah

Mungkin bagi anda yang belum pernah mencoba mancing umpan cere atau kecere, akan merasa aneh dan jijik sebab umpan ini mirip kecoa, tapi masa ada pemancing kok masih ada sifat jijik? Heh..he. tapi jaikalau sudah mencoba pakai umpan ini, saya yakin akan ketagihan.

Semoga artikel dengan judul, Umpan Kecere Atau Cere,  Jadul Masih Ampuh Buat Mancing, bermanfaat.

Baca: Mancing sepat dan betok

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *