Waktu terbaik untuk memancing

Waktu terbaik untuk memancing

Waktu terbaik untuk memancing dapat sedikit berbeda, terutama tergantung pada apakah Anda sedang memancing air asin atau air tawar (dan gaya memancing mana yang paling Anda sukai, pastikan untuk membaca Tips Memancing: Ikan Air Tawar vs. Ikan Air Asin untuk wawasan). . Namun sebelum kita membahas detailnya, kita dapat membuat pernyataan menyeluruh: ikan aktif hampir di mana-mana saat matahari terbit dan terbenam. Periode perubahan tingkat cahaya ini memicu perilaku makan pada semua spesies ikan predator.

Waktu terbaik untuk memancing air asin

"<yoastmark

Penangkapan ikan air asin dipengaruhi oleh banyak variabel, tetapi yang paling penting adalah:

  • Cuaca
  • Pasang dan arus
  • Tingkat cahaya

Cuaca

Cuaca mempengaruhi memancing air asin dalam banyak cara. Angin merupakan faktor penting karena dapat mengarahkan umpan ke garis pantai, menimbulkan banyak kebisingan sekitar (membantu Anda tetap tidak mengganggu), atau membuat beberapa area menjadi dingin dan berlumpur. Kekeruhan adalah faktor lain yang akan kita bahas lebih detail di bagian kondisi pencahayaan. Pengaruh cuaca terhadap suhu air juga menjadi pertimbangan penting karena mempengaruhi lokasi dan kedalaman tempat ikan paling nyaman. Dan ketika bagian depan ditarik, perubahan tekanan barometrik juga dapat berpengaruh; Bagi banyak spesies, mencari makan meningkat segera sebelum cuaca dingin, tetapi melambat selama dan setelah badai atau benturan frontal. Memancing setelah menerobos front terkadang buruk dan tetap buruk selama satu atau dua hari.

 

Pasang Surut Dan Arus

Pasang surut dan arus memiliki dampak besar pada keberhasilan dalam memancing air asin. Mereka mempengaruhi ketinggian air, dan area datar yang menampung ikan saat air pasang bisa menjadi gundukan lumpur saat air surut. Sebaliknya, cekungan di dasar atau saluran yang tetap lebih dalam dari air di sekitarnya dapat memberikan peluang memancing yang sangat baik saat air surut. Sebagai pedoman umum, perubahan pasang surut dan arus yang mengalir adalah yang terbaik, sementara pasang surut statis atau “mati” dengan sedikit aliran air biasanya merupakan waktu memancing yang lambat. Karena pasang surut dan arus dapat diprediksi, Anda dapat melihat grafik pasang surut dan menentukan waktu terbaik untuk memancing sebelum Anda meninggalkan dermaga.

Ada satu hal yang perlu diingat tentang ikan dan hubungannya dengan pasang surut dan arus: ikan dapat berubah seiring waktu, seperti variabel lain yang akan kita diskusikan. Ikan di lokasi tertentu mungkin makan paling baik selama berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan pada akhir pasang surut dan kemudian, karena satu dan lain hal, mengubah pola mereka untuk memberi makan terbaik pada awal pasang masuk. Menentukan pola perkembangan ikan dan melacak perubahannya adalah salah satu tantangan besar dalam olahraga ini, dan hanya ada satu aturan yang dapat Anda andalkan: begitu Anda mengetahui ikan ini, kemungkinan besar mereka akan mengubah perilakunya!

 

Posisi Matahari

Kami telah menyebutkan bahwa fajar dan matahari terbenam adalah waktu yang tepat untuk memancing, dan ini tidak sedikit karena perubahan kondisi cahaya. Banyak pemancing percaya bahwa perubahan kondisi mempersulit mangsa untuk melihat dan menghindari pemangsa. Namun posisi matahari bukanlah satu-satunya variabel yang berperan. Penutupan awan yang lebat atau terputus-putus memiliki efek, seperti halnya hujan. Ikan sering makan banyak dalam cahaya redup, dan kondisi pencahayaan juga dapat menentukan umpan berwarna mana yang paling efektif pada waktu tertentu. Meskipun tidak ada cara sempurna untuk memprediksi bagaimana reaksi ikan terhadap pilihan warna, ingatlah aturan praktis ini: lihat air dan cocokkan warna dan hasil akhir umpan Anda dengan warna air. Saat kondisi air dan sinar matahari membuat air tampak hijau, umpan berwarna hijau seringkali efektif. Tetapi jika mereka membuat air terlihat kecokelatan, warna root beer seringkali merupakan pilihan yang lebih baik. Dan ketika matahari tinggi dan cerah di langit, umpan reflektif sering bekerja dengan baik, sedangkan dalam kondisi cahaya redup, umpan matte sering kali cukup.

 

Waktu terbaik untuk memancing air tawar

"<yoastmark

Karena tidak ada pasang surut di danau dan sungai air tawar, kita dapat menghapus variabel ini dari persamaan. Namun, mungkin masih ada arus yang harus dihadapi. Poin-poin penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih waktu terbaik untuk memancing air tawar adalah:

  • Cuaca
  • Arus
  • Posisi matahari

 

Cuaca

Cuaca memengaruhi penangkapan ikan air tawar seperti halnya di lingkungan air asin. Angin masih bisa menggerakkan umpan ke satu arah atau yang lain, ombak masih bisa membuat kebisingan dan mengocok air, dan awan masih bisa mempengaruhi kondisi pencahayaan. Namun, efek front dan perubahan tekanan barometrik seringkali lebih terasa.

Hujan (atau kekurangannya) juga memiliki dampak yang lebih besar karena dapat berdampak besar pada ketinggian air di danau dan kolam dan banyak limpasan dapat mengaduk aliran dan sungai. Memilih waktu untuk memancing bahkan dapat menghilangkan beberapa opsi karena sungai yang tadinya bagus untuk memancing berubah menjadi aliran air yang berlumpur. Namun, hujan ringan dapat membantu Anda bersembunyi dari ikan karena hujan akan mengganggu pandangan ikan melalui permukaan air. Ini berlaku untuk memancing di tepi sungai, mengarungi, dan berperahu. Hujan juga membasuh serangga dan umpan ke dalam air, dengan makanan tambahan ini menyebabkan kegilaan makan ikan air tawar.

 

Arus

Arus di air tawar sedikit berbeda tergantung pada apakah Anda memancing di badan air yang bergerak seperti sungai atau badan air yang kurang lebih tenang seperti kolam atau danau. Sebagai aturan umum, istirahat dalam arus yang mengalir (seperti pusaran air di sungai) adalah tempat memancing yang baik, sedangkan area arus di badan air dengan sedikit gerakan (seperti di sekitar saluran pelimpah di dekat bendungan) seringkali merupakan hotspot. Saat memutuskan kapan akan memancing, ingatlah bahwa angin dapat menciptakan arus di perairan yang biasanya tidak ada, dan Anda dapat menggunakan pengetahuan ini untuk keuntungan Anda saat memutuskan di mana dan kapan akan memancing.

 

Posisi Matahari

Posisi matahari dan awan memiliki pengaruh yang sama di air tawar seperti di air asin. Namun, ada variabel penting lain yang perlu diperhatikan di air tawar dan itu adalah keteduhan. Saat hari cerah, ikan air tawar kerap mencari tempat teduh. entah itu di bawah dermaga, pohon tumbang, atau dahan yang menjorok ke air.

 

Kapan Harus Memancing?

"<yoastmark

Saat Anda mempertimbangkan semua faktor berbeda ini, Anda mungkin masih bertanya-tanya kapan harus memancing. Ada begitu banyak variabel yang berperan sehingga sulit untuk memutuskan. Tapi kami memiliki jawaban sederhana yang mengalahkan segalanya: pergi memancing kapan pun jadwal Anda memungkinkan. Tentu, Anda cenderung menangkap lebih banyak ikan saat fajar dan matahari terbenam. Ya, Anda akan lebih sukses jika mengatur waktu memancing untuk cuaca ideal dan pasang puncak. Namun kenyataannya, setiap orang memiliki jadwal yang padat, daftar komitmen, dan waktu yang terbatas. Jadi memancinglah kapan pun Anda bisa – dan selalu ingat pepatah lama: memancing di hari terburuk lebih baik daripada hari terbaik di tempat kerja.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *